Aprilia Tidak Membutuhkan Fabio Quartararo ataupun Marc Marquez

Aprilia
Rider Aprilia Factory Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales meraih podium satu dan dua di gelaran MotoGP Catalunya, Barcelona, Spanyol 2023.(Aprilia.com)
0 Komentar

“Akselerasi yang terjadi dalam pengembangan dalam beberapa tahun terakhir adalah hal yang absurd. Jika Anda membawa cara kerja saat ini kembali sepuluh tahun yang lalu, Anda akan memenangkan semua balapan dengan jarak yang jauh. Kemajuan teknis yang ada di setiap bidang tak terbayangkan. Aprilia mulai dari jauh, dari level tertinggi SBK yang kami pikir cocok dan sebenarnya tidak. Perbaikan telah sangat sulit tetapi kami sampai di sana, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, tingkat teknis telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa, jika Anda melihat bagaimana motor dibuat hari ini, mereka benar-benar mengesankan. Semua detailnya dipelajari sepenuhnya pada beberapa, kemudian Anda melihat yang lain dan Anda menyadari bahwa di belakangnya ada pemikiran yang berasal dari era sebelumnya.”

Apakah menurut Anda ide memberikan konsesi kepada mereka adil?

“Tidak menyenangkan melihat produsen bergengsi seperti mereka dalam kesulitan, sama sekali tidak. Tetapi saya juga yakin bahwa beberapa skenario dapat berubah dengan cepat. Di sini tahun lalu Quartararo menang dengan jarak, dalam sesi pemanasan dan dalam balapan dia kembali sedikit. Tidak perlu banyak bagi sebuah tim, sangat sedikit, untuk berubah dari jauh dan menjadi yang terbaik. Saya tidak berpikir mereka memerlukan bantuan apa pun. Kemudian ada masalah seimbangkan peluang yang dimiliki atau tidak dimiliki oleh tim. Mari ambil dua kasus ekstrem seperti Ducati dan Yamaha. Di satu sisi ada delapan motor di lintasan, di sisi lain hanya ada dua. Jelas bahwa dengan delapan motor, Anda dapat melakukan berbagai pengembangan, bahkan selama balapan. Jika Anda kuat, Anda akan selalu menjadi kuat. Mungkin ini adalah sesuatu yang harus disimbangkan dengan memberikan kesempatan kepada tim dengan sedikit motor di lintasan untuk melakukan lebih banyak pengembangan, dan mungkin membatasi mereka yang memiliki banyak motor dengan cara tertentu. Ini akan menjadi mekanisme seimbang baru yang tidak akan mengingkari apa pun yang telah ditetapkan sebelumnya dan menurut saya akan masuk akal. Kemudian, bukanlah kesalahan memiliki begitu banyak motor, itu berarti bahwa seseorang telah bekerja dengan baik, tentu saja. Tetapi situasi tertentu berisiko menciptakan dominasi dan monopoli yang tidak baik untuk kejuaraan dan harus dikelola dengan cara tertentu. Tentang membantu produsen Jepang, saya merasa ini adalah hal yang benar. Ketika mereka kuat dan kami produsen Eropa lemah, mereka memberi kami kesempatan untuk meningkatkan, mereka berperilaku benar, jadi saya tidak melihatnya salah. Mereka melakukannya dan hanya adil untuk setia pada mereka.”

0 Komentar