‘Ibu Berbagi Bijak’ dari Visa Kembali Hadir untuk Membantu Pelaku UMKM Perempuan di Tasikmalaya untuk Go Digital dan Go Global

Visa
Sandiaga Uno saat mengikuti webinar Ibu Berbagi Bijak dari Visa. Tujuannya Membantu Pelaku UMKM Perempuan di Tasikmalaya untuk Go Digital dan Go Global.
0 Komentar

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Kumpul, 92,08% peserta program tahun 2021 dan 2022 memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menjalankan bisnis mereka. Hampir setengah (46,61%) dari responden juga mengalami peningkatan pendapatan setelah mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dari program ini.

Selain itu, program ini juga membantu 58,27% UMKM yang berpartisipasi untuk mendapatkan sertifikasi usaha dan 74,28% memanfaatkan saluran digital yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno mengatakan, Ekonomi kreatif merupakan sektor inklusif, membuka peluang kerja bagi siapapun, termasuk perempuan yang memilih menjadi Ibu rumah tangga. Hal ini sejalan dengan semangat yang diusung oleh Visa melalui program Ibu Berbagi Bijak. Perempuan saat ini mendominasi ekonomi kreatif, maka diperlukan literasi keuangan yang cukup untuk bekal mereka mengelola usahanya. “Saya memberikan apresiasi kepada Visa Indonesia atas terselenggaranya program Ibu Berbagi Bijak 2023. Saya berharap makin banyak ibu-ibu yang menerima manfaat dari program ini,” katanya.

Baca Juga:Unsil Tasikmalaya Kuatkan Literasi Wakaf UangWow, Makan Siang Sepuasnya di Cordela Suites Tasikmalaya Hanya 58 Ribu. Hemat dan Banyak Pilihan!

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji yang mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program Ibu Berbagi Bijak yang sudah membantu para pelaku UMKM Perempuan, khususnya di Jawa Barat untuk membantu mereka mengembangkan dan meningkatkan skill set yang mereka butuhkan. Di era digital seperti sekarang ini, pelaku bisnis dituntut wajib untuk kreatif dan inovatif. “Kami juga sangat mengapresiasi upaya pembekalan literasi keuangan dan digital seperti program Ibu Berbagi Bijak, yang kami harap akan berjalan dengan lancar,” katanya.

Horas VM Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK mengatakan, Literasi keuangan adalah kunci untuk memahami konsep seperti anggaran, investasi, pengelolaan utang, dan perencanaan masa depan. Sejalan dengan upaya OJK dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat, program “Ibu Berbagi Bijak” yang diinisiasi oleh Visa tentunya akan memberikan dampak positif khususnya dalam meningkatkan literasi keuangan perempuan maupun UMKM yang dikelola oleh Perempuan.

“Semoga program ini terus berlanjut untuk membantu perempuan dan pelaku UMKM agar mampu membuat keputusan yang tepat mengenai keuangan mereka dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pemanfaatan produk/layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mencapai sejahtera secara finansial,” katanya.

0 Komentar