Gerakan Pramuka Kwaran Kecamatan Mangkubumi Tasikmalaya Cetak Generasi yang Profesional dan Proporsional

Gerakan Pramuka
Kwartir Ranting Kwaran Gerakan Pramuka Mangkubumi kompak foto bersama usai melaksanakan upacara peringatan hari Pramuka ke-62 di Lapangan SMA Negeri 10 Tasikmalaya. (Diki Setiawan / Radar Tasikmalaya)
0 Komentar

Dalam Undang-undang tentang Gerakan Pramuka, tujuan Pramuka adalah membentuk setiap Pramuka agar berkepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.

Kecakapan hidup sebagai kader dalam menjaga dan membangun negara kesatuan Republik Indonesia. Mengamalkan Pancasila dan melestarikan lingkungan hidup.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka berbagai kegiatan pendidikan yang dilaksanakan oleh gerakan Pramuka dengan ditunjang oleh sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.

Baca Juga:Dosen Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Latih Kader Kesehatan Deteksi Dini Balita PneumoniaBank Indonesia Tasikmalaya Gelar CBP Funtastic 2023, Sinergi Menanamkan Cinta Bangga Paham Rupiah

Oleh karena itu Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mangkubumi khususnya senantiasa berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas para pembina Pramuka melalui KMD, KPD, KPL, Karang Pamitran, OPK dan lain-lain.

Agar mampu memberikan pendidikan dan latihan yang lebih terarah, menarik dan menantang, serta sesuai dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Dewan Kelengkapan Pramuka LPK Kwaran Gerakan Pramuka Mangkubumi Yani Yuliani SPd MPd menambahkan, dalam rangka peringatan hari Pramuka ke-62 tahun ini, berbagai kegiatan dilaksanakan baik di tingkat gugus depan, Kwaran, Kwarcab, Kwarda dan Kwarnas. “Di tingkat gugus depan yang berada di wilayah Kwaran Mangkubumi sudah dan akan dilaksanakan berbagai kegiatan baik untuk tingkat siaga, penggalang dan penegak,” paparnya.

Selain melaksanakan upacara peringatan hari Pramuka ke-62, di tingkat Kwaran Mangkubumi, akan menyelenggarakan kegiatan gladi tangkas penggalang 29 Agustus nanti. “Sebagaimana sudah kita sadari bersama, Pramuka merupakan kegiatan menarik bagi kita sebagai anak atau pemuda. Kegiatan menarik yang dimaksud ialah kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan,” paparnya.

Oleh karena itu, Pramuka mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Maka dari itu, lebih tepatnya kita sebut saja kegiatan menarik.

Tentu bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi. “Kita mengetahui bahwa fungsi Pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi,” tambah dia. (dik)

0 Komentar