Hari Pramuka ke-62, Kwarran Bungursari Kota Tasikmalaya Semangat Membangun Karakter dan Prestasi

Pramuka
Ketua Kwarran Bungursari Yayan Kartiyan SPd MPd (kiri, belakang) bersama pembina dan peserta terbaik dalam kegiatan pesta siaga Kwarran Bungursari di SMPN 16 Kota Tasikmalaya, Sabtu (12/8/2023). (Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya)
0 Komentar

Serta memberikan motivasi, inspirasi, penghayatan berpancasila sebagai pengalaman dan penyegaran kepada para Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang di Kwartir Ranting Bungursari.

Selain itu, sebagai bentuk semangat untuk lebih mengaktifkan kembali gerakan Pramuka di gugus depannya masing-masing. Sebab setelah pasca Covid-19 karakter siswa  agak turun, oleh karenanya ingin pendidikan Pramuka di gebyar lagi latihan di sekolah.

“Tentunya supaya karakter siswa menurun akibat Covid-19, dengan gerakan Pramuka bisa berangsur-angsur pulihkan karakter kembali,” katanya.

Baca Juga:Dosen Fakultas Pertanian Unsil Tasikmalaya Latih Produksi VCO dan Telur Asin Berbasis FermentasiHebat! SMK MJPS 1 Tasikmalaya Raih Juara 3 O2SN Jabar

Misalnya gara-gara Covid-19, adanya bullying di siswa, menurunnya kerajinan siswa, dan siswa lebih dekat dengan handphone. Sehingga perlu melakukan pemulihan dengan kepramukaan, bisa dengan kegiatan ataupun permainan mendidik, tentunya bisa menggerakkan motorik jangan sampai diam di rumah. “Itu seperti permainan pada pesta siaga menyenangkan memburu tikus, bowling, ring, tank kardus, dan lainnya. Sedangkan penggalang bisa kegiatan yang bisa melatih kemandirian, keterampilan, kedisiplinan dan mental yang lebih baik,” ujarnya.

Makanya agar gerakan Pramuka kembali berjalan secara masif di gugus depan masing-masing, pihaknya sekaligus membuat ajang pertemuan pembina Kwarran Bungursari yang dikemas dalam kegiatan Karang Pamitran.

“Tujuannya adanya karang pamitran selain pertemuan pembina pramuka untuk mempererat hubungan kekeluargaan dan persaudaraan serta meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinannya. Juga memberikan semangat untuk mengaktifkan kembali gerakan Pramuka dengan program-program yang mendidik karakter siswa kita,” katanya.

Kepala SDN 1 Manangga Cucu Juariah SPd SD mengaku siap mengerjakan kembali gerakan Pramuka pasca Covid-19. Apalagi gerakan Pramuka di sekolah merupakan ekstrakulikuler wajib yang selalu dilaksanakan setiap hari Sabtu. Tentunya dengan harapan pangkalan SDN 1 Manangga bersinergi meraih prestasi dalam bidang kepramukaan.

“Buktinya dalam kegiatan siaga di SMPN 16 Kota Tasikmalaya yang diselenggarakan oleh Kwarran Bungursari dari pangkalan SDN 1 Manangga bisa mendapatkan penghargaan yakni siaga tergiat,” ujarnya. (riz)

0 Komentar