RADARTASIK.ID – Pembalap Spanyol, Alex Rins pindah ke pabrikan Yamaha tahun 2024 hampir pasti?.
Spekulasi pertama sudah muncul pada bulan Juni, dan sekarang kesepakatan tersebut semakin jelas. Alex Rins kemungkinan besar akan bergabung dengan Yamaha bersama Quartararo pada tahun 2024.
Karena kebanyakan kontrak pembalap MotoGP dengan tim pabrikan berlangsung selama dua tahun, misalnya untuk tahun 2023 dan 2024, kami harus siap menghadapi musim transfer yang cukup tenang. Namun sekarang, berbagai peristiwa, spekulasi, rumor, pembicaraan, dan negosiasi berkembang dengan cepat.
Baca Juga:Presiden HRC Persilakan Marc Marquez Jika Ingin HengkangAleix Espargaro Senang Bukan Main Diberi Hadiah Motor Suzuki GSX-RR MotoGP
Gelombang ini sebenarnya dimulai pada bulan April, ketika Alex Rins (pemenang lima balapan GP dengan Suzuki) memenangkan GP Texas dan kemudian muncul pertanyaan apakah dia seharusnya dipromosikan ke tim Repsol menggantikan Joan Mir (25) untuk tahun 2024. Pemilik tim LCR-Honda, Lucio Cecchinello, saat itu membantah dengan tegas. “Itu tidak mungkin, tidak akan terjadi – 100 persen,” katanya saat itu.
Namun sekarang situasinya sangat berbeda. Pada tanggal 20 Juni, SPEEDWEEK.com melaporkan tentang negosiasi Rins dengan tim Monster Yamaha Factory. Kontrak dua tahunnya dengan HRC memiliki klausul keluar – jika dia menerima tawaran dari tim pabrikan MotoGP.
Yamaha akan melanjutkan dengan Fabio Quartararo, yang diperkirakan mendapatkan gaji sebesar 10 juta euro per tahun. Oleh karena itu, rumor bahwa dia akan menggantikan Raul Fernandez di Aprilia RNF dapat dianggap tidak masuk akal. Karena di sana, Quartararo harus mengorbankan 90 persen atau lebih dari gajinya.
“Ini adalah cerita bodoh,” kata Razlan Razali, pemilik tim RNF, menyangkal spekulasi yang tidak berdasar ini kepada SPEEDWEEK.com. Dan “El Diablo” dengan tegas mengkonfirmasi, “Saya akan tetap bersama Yamaha pada tahun 2024.”
Miguel Oliveira, yang saat ini menempati peringkat ke-10 dalam klasemen dunia, memicu spekulasi baru pada bulan Juni. Ketika ditanya apakah dia lebih suka mendapatkan tempat di RNF atau bergabung dengan salah satu tim pabrikan Jepang yang tengah berjuang di Yamaha atau Honda, Oliveira tertawa. “Setiap peluang untuk mendapatkan tempat di tim pabrikan sangat menarik,” katanya. Dia menekankan, “Tingkat kejuaraan saat ini begitu tinggi sehingga Anda memerlukan motor yang berfungsi baik di setiap area. Tentu saja, Ducati memiliki keuntungan di sana.”