Calo Tanah Tol Getaci Sulit Dibendung, Banyak Warga Kabupaten Tasikmalaya Sudah Menjual Tanahnya

Calo Tanah Tol Getaci
Calo tanah Tol Getaci mulai berkeliaran di wilayah Kabupaten Tasikmalaya jelang penetapan lokasi. (Fathur Rizqi/Radartasik.id)
0 Komentar

“Artinya dalam pengurusan administrasi untuk pembebasan lahan belum ada. Kita masih menunggu hasil kelanjutan Tol Getaci tersebut,”ujarnya.

Calo Tanah Tol Getaci Tak Bisa Dihalangi

Kepala Desa Sukamanah Drs Totong Ahmad menyampaikan setelah ada sembilan desa di Kecamatan Cigalontang rencana terdampak Tol Getaci, salah satunya Desa Sukamanah.

Memang dibeberapa desa calo tanah Tol Getaci sudah masuk. “Sedangkan untuk di sini belum ada calo tanah, karena dari pemerintah desa memang jangan sampai masuk. Karena takut, kalau ada calo tanah dapat merugikan warga,” katanya.

Baca Juga:Pelajar Kabupaten Tasikmalaya Bersinar, Raih 2 Medali Emas Pada POPDA JabarAl Hambra Hotel, Jadi Hotel Berbintang Pertama yang Hadir di Kabupaten Tasikmalaya Berikut Fasilitasnya

Sedangkan pihak pemerintah desa tidak ikut campur ketika ada warganya yang menjual tanah ke calo. Namun jangan sampai mengajak ke lainnya. “Pemerintah desa sudah melakukan imbauan jangan sampai tergiur tawaran dari calo tanah,” ujarnya.

Kemungkinan juga, tidak ada calo tanah Tol Getaci ke Desa Sukamanah lantaran harga tanah sudah tinggi dengan perbata sudah kisaran Rp 5-12 juta.

“Mungkin karena harga tanah di sini tinggi, sehingga calo tanah tidak bisa  menawar lebih murah lagi,” katanya.

Tentunya yang terpenting ketika ada informasi pembebasan lahan dari pemerintah pusat, Badan Pertanahan Nasional (BPN), pemerintah daerah untuk menyiapkan berkas untuk pembebasan lahan.

Maka dari itu, pemerintah desa pun sedang menunggu kepastian dari pusat, karena masyarakat sudah gembar-gembor mau dilewati Tol Getaci.

“Oleh karenanya, dari pemerintah desa sudah meminta masyarakat agar bisa mengurus persyaratan untuk pembebasan lahan seperti serifikat tanah, Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), dan lainnya. Sehingga jangan sampai capai mengurusnya diakhir,” ujarnya.

Sedangkan untuk rencana dusun yang terlewati Tol Getaci adalah di Dusun 3 mulai Kampung Nyantong, Kampung Sindangsono, dan Kampung  Baleendah.

Baca Juga:Lima Atlet KORMI Kabupaten Tasikmalaya Berjuang di Fornas 2023Baca Dulu Ini Sebelum Beli New Honda Brio RS 2023 ! Nambah Sedikit Sudah Dapat SUV Honda yang Lebih Mewah

Dengan luas diperkirakan 28 hektare. “Rencana Tol Getaci di desa ini dengan melewati makam, masjid, rumah, sawah, dan gedung madrasah diniah,” katanya. (riz)

0 Komentar