Namun, ketika saatnya tiba untuk bersaing dengan yang lain dalam balapan pertama, situasinya tidak berubah. M1 cepat dalam kecepatan tetap selama berada sendirian, tetapi mengalami kesulitan saat berada dalam kelompok. Selain itu, bahkan dalam lap cepat, motor ini tidak terlalu menonjol (hasil terbaik dalam kualifikasi adalah posisi keempat oleh Morbidelli di Argentina). Kecuali podium Quartararo di Austin dan dua finis keempat oleh Franco di Termas de Rio Hondo. Yamaha sedang mengalami krisis yang dalam.
Mengapa demikian? Daya adalah titik kunci. Para pembalap telah mencari lebih banyak tenaga kuda selama bertahun-tahun, tahun ini itu telah tiba, tetapi tidak cukup dan telah mempersulit situasi. Karena di satu sisi, pengiriman lebih agresif dan tampaknya telah mengacaukan keseimbangan yang terkenal dari M1 (“stabilitas saat menikung adalah kelebihan kami, sekarang bukan lagi,” kata Quartararo) dan di sisi lain, peningkatannya tidak cukup untuk berlebihan pada aerodinamika.
“Anda melihat sayap KTM? Jika kami memasangnya di M1, kami akan kehilangan banyak kecepatan,” jelas orang Prancis itu. Faktanya, konfigurasi pada Yamaha adalah yang paling “ringan” di MotoGP, pada saat sayap, spoiler dan sirip membuat perbedaan. Mereka tidak membuat sepeda motor terbang saat dipercepat, menjaga kestabilan saat pengereman dan juga berguna saat menikung. Ini adalah dasar yang menjadi pondasi kesuksesan Ducati dan jalur yang juga diikuti oleh Aprilia dan KTM.
Baca Juga:Jorge Martin: Ketika Mengikuti Marc Marquez, Saya Tidak Mengeluarkan Kemampuan Maksimal SayaJoan Mir Takut Berakhir Seperti Lorenzo dan Pol Espargaro
Bedanya mentalitas Jepang dengan mentalitas Eropa
Selain alasan teknis untuk keterlambatan tersebut, ada juga alasan manusiawi lainnya. Mentalitas Jepang sangat berbeda dengan mentalitas Eropa. Ketika ada masalah, waktu reaksi lebih lambat (dan memang, Honda sekarang juga mengandalkan Kalex). Quartararo juga menjelaskan saat berbicara tentang pekerjaan pembalap uji Crutchlow: “Cal membantu kami mengubah mentalitas para insinyur”.