KTM Memiliki Aerodinamika F1

KTM
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Jack Miller dan Brad Binder. (MotoGP)
0 Komentar

RADARTASIK.ID – Pemimpin Tim Baru di Red Bull Advanced Technologies, Dan Marshall mengatakan KTM RC16 sekarang memiliki aerodinamika F1. Apapun yang bisa membantu sepeda balap menjadi lebih cepat di atas lintasan.

Inovasi teknis terbesar dalam MotoGP dalam beberapa tahun terakhir adalah pengembangan aerodinamika. Setelah upaya pertama yang dilakukan oleh Ducati, Semua konstruktor beradaptasi memulai perang sayap dan spoiler. Sekarang jelas bahwa, untuk memiliki motor yang kompetitif, paket aerodinamika sangat penting dan, untuk mengasahnya, mereka juga beralih ke kemampuan kerabat empat roda mereka.

Ini terjadi dengan KTM. Mulai tahun ini, mereka mulai bekerja sama dengan RBTA. Yaitu Red Bull Advanced Technologies dan di kepala departemen aerodinamika untuk produsen Austria itu ada seseorang yang memiliki banyak pengalaman di Formula 1, Dan Marshall, yang dulunya bekerja dengan Force India.

Baca Juga:Marc Marquez Kembali Absen Balapan di GP Spanyol 2023Finis Ke-6 di Austin, Marco Bezzecchi Tetap Memimpin Klasemen Juara

Jika dulu bentuk sepeda motor hanya dianggap penting untuk kecepatan maksimum, sekarang hal-hal telah berubah. “Berkat catatan prestasi kami selama lima tahun terakhir. Kami telah meningkatkan pemahaman tentang bagaimana sepeda motor bekerja di seluruh lap. Daripada hanya memperhatikan kecepatan lurus, yang menjadi fokus dari banyak pekerjaan pada kinerja aerodinamika di masa lalu,” jelas Dan Marshall dalam wawancara yang diterbitkan di blog KTM.

Evolusinya konstan dan sangat cepat.

“Jika Anda melihat evolusi aerodinamika dari sepeda balap, maka tidak ada yang signifikan terjadi dari tahun 1960an hingga akhir milenium,” ujar Marshall. “Bahkan ketika merek lain mulai menempatkan sirip di sepeda motor, mereka hanya memasangnya pada fairing yang sudah ada. Sekarang kita memahami lebih banyak tentang bagaimana sayap dan fairing berinteraksi. Dan kami tidak menganggapnya mandiri, tetapi lebih sebagai satu tubuh yang bekerja secara aerodinamis. Sekarang kami mencoba menyingkirkan persepsi tentang bagaimana sepeda motor seharusnya terlihat dan mempertimbangkan apa yang lebih baik untuk performa.”

Dan Marshall mengungkapkan bagaimana kolaborasinya dengan Red Bull dimulai.

“Kami bertanya pada diri kami sendiri, ‘bagaimana cara memenangkan kejuaraan dunia?’ Lalu memanfaatkan fakta bahwa ada kemungkinan untuk bekerja dengan Red Bull Advanced Technologies,” jelasnya. “Kami awalnya tidak tahu bagaimana itu akan bekerja, tetapi saya sepenuhnya mendukung. Apapun yang bisa membantu sepeda balap menjadi lebih cepat di atas lintasan. Kami masih memimpin proyek ini dan menentukan tujuannya. Ini juga merupakan pengalaman belajar bagi mereka. Ini adalah kemitraan dua arah dan tentu saja, kami telah mencoba belajar sebanyak mungkin dari mereka. Dan mereka belajar dari pemahaman kita yang lebih besar tentang perilaku sepeda motor. Saya percaya mereka meremehkan seberapa detail dan rumitnya hal itu bisa menjadi. Mereka tidak menyadari level kerja kita.”

0 Komentar