Ade: Maksimalkan Peran Linmas

Ade: Maksimalkan Peran Linmas
BERKUMPUL. Ribuan Linmas se-Kabupaten Tasikmalaya berkumpul di Lapang Setda Kabupaten Tasikmalaya untuk mengikuti peningkatan kapasitas, kemarin. Foto: Istimewa
0 Komentar

“Paling tidak meminimalisasi kerusakan yang dapat terjadi dengan kerugian materil maupun lainnya yang dapat diminimalisasi. Oleh karena itu peningkatan kapasitas linmas ini, sangat penting karena anggota linmas adalah garda terdepan berhadapan dengan masyarakat,” pungkasnya.

“Mereka harus selalu siaga untuk bisa tanggap dan ikut mengawasi serta melaporkan kepada perangkat desa serta pihak berwajib lainnya,apabila menemukan situasi dan kondisi yang mengancam ketentraman ketertiban dan perlindungan terhadap masyarakat,” ucapnya, menambahkan.

Selain itu, terang Ade, anggota satlinmas harus memiliki rasa tanggung jawab moral dengan turut serta memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana melakukan mitigasi bencana secara tepat dan terukur, sehingga masyarakat memiliki kewaspadaan penuh dan memiliki bekal pengetahuan yang cukup. Baik dalam hal pencegahan maupun upaya penanggulangan bencna itu sendiri.

Baca Juga:Generasi Muda Jangan Takut BertaniManjakan Konsumen Premium

“Ketentraman dan ketertiban, umum masyarakat itu pada akhirnya menjadi tanggung jawab pemerintah bersama-sama seluruh masyarakat. Maka penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban hendaknya juga tidak mengesampingkan aspek pendekatan, komunikasi serta aspirasi yang berkembang di tengah masyarakat,” ucap dia.

“Secara khusus dengan segala dimensinya, ketentraman dan ketertiban masyarakat perlu memperhatikan berbagai faktor yang memberikan gambaran mengenai situasi dan kondisi suatu wilayah secar rinci yang terdiri atas letak geografis, luas wilayah, cakupan wilayah, baik kecamatan, desa, keadaan alam, jumlah penduduk, mata pencaharian dan lain sebagainya,” bebernya.

Kepala Bidang Peningkatan Sumber Daya Aparatur dan Linmas, Rahmat Zenal Mutakin SPd mengatakan, peserta peningkatan kapasitas Linmas tersebut berjumlah 3.510 anggota. Mereka berasal dari perwakilan linmas 39 kecamatan se- Kabupaten Tasikmalaya.

Rahmat menyebutkan, peningkatan kapasitas Satlinmas Kabupaten Tasikmalaya dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan perlindungan masyarakat dalam membantu ketentraman dan ketertiban umum masyarakat. Selain itu, peningkatan kapasitas juga dilakukan sebagai upaya penanggulangan bencana dan pengamanan pemilihan umum.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tasikmalaya Dadang Tabroni SH MH mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para camat dan juga danramil, kapolsek dan jajarannya yang sudah melatih linmas dengan sangat luar biasa.

“Terima kasih telah bersinergi, untuk para camat, danramil, kapolsek, babinsa dan bhabinkamtibmas, semuanya luar biasa,” kata Dadang. (rls/obi)

0 Komentar