Pelajar Pancasila Panen Karya

Pelajar Pancasila Panen Karya
AKTIVITAS. Siswa SDN 2 Tuguraja saat bermain di halaman sekolah, beberapa waktu lalu. Foto: istimewa
0 Komentar

TASIK, RADSIK – SDN 2 Tuguraja Kota Tasikmalaya akan melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kamis (22/12/2022). Dengan demikian, mampu panen karya hasil Kurikulum Merdeka yang dijalankan sekolahnya.

Kepala SDN 2 Tuguraja Purnomo Saputro MPd mengatakan, setelah PAS ganjil ini, sekolah melakukan Galaksi dan Kreasi dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Semua itu, arahnya kepada semangat kebhinekaan menuju Indonesia maju.

”Setelah PAS ini kita panen karya hasil proyek profil Pelajar Pancasila,” katanya kepada Radar, Minggu (18/12/2022).

Baca Juga:Manfaatkan Ruang Kreativitas usai PASTunjukkan Kreasi dan Inovasi

[membersonly display=”Baca selengkapnya, khusus pelanggan Epaper silakan klik” linkto=”https://radartasik.id/in” linktext=”Login”]

Oleh karenanya, dalam pelaksanaan proyek profil Pelajar Pancasila tersebut, misalnya untuk kelas 1 mengambil tema bumi masa depanku, gaya hidup masa kini untuk masa depan yang lestari, satu tindakan hari ini akan menentukan masa depan, dan tindakanku menyelamatkanku.

“Sedangkan kelas 4 temanya cintai nusantara lestarikan budaya bangsa, satu bangsa kita Indonesia, berbeda-beda tetap satu Indonesia, dan mari lestarikan kebudayaan Indonesia,” ujarnya. Semua itu, implementasi Kurikulum Merdeka. Sehingga, setiap akhir semester dalam rapor Kurikulum Merdeka ada dua, yakni rapor kognitif dan rapor project.

“Penggunaan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum 2013 ini berbeda. Ketika menggunakan Kurikulum Merdeka ada rapor kognitif dan rapor project,” katanya.

Dalam persiapan proyek profil Pelajar Pancasila tersebut, sekolah sudah menentukan satu hari dalam seminggu. Kemudian, untuk gebyar  pelaksanaanya setiap akhir semester.

Dalam proyek profil Pelajar Pancasila ini, manfaatnya untuk mengembangkan kemandirian.  Sehingga perlu berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki.

“Artinya kegiatan ini, melakukan refleksi secara konsisten dan berkelanjutan untuk memahami potensi diri dan mengoptimalkan kemampuan siswa,” ujarnya. (riz)

[/membersonly]

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!

 

 

 

0 Komentar