Oleh karenanya, agar pendidikan di Tasikmalaya mengenal dan menerapkan LMS Moodle. Pihaknya pun melakukan pengabdian dengan sasaran dari program pelatihan ini adalah MGMP Matematika SMP di Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya.
“Mengingat sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam memahami dan mempelajari model dan platform tersebut belum tersedia. Karena mengacu pada analisis situasi beberapa guru Matematika SMP di Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya belum banyak yang memahami tentang model dan platform pembelajaran daring dengan menerapkan LMS Moodle,” ujarnya.
Dengan demikian, pihaknya pun melakukan penyuluhan untuk memberikan pemahaman LMS Moodle kepada guru Matematika di Sukaraja. Materi yang akan disampaikan dalam pendampingan ini adalah pengenalan LMS, jenis-jenis LMS, pengenalan Moodle, dan pengoperasian Moodle.
Baca Juga:Terus Berkiprah untuk MasyarakatUnper Sebarkan Nilai-nilai Kesundaan
Arahnya agar pembelajaran dapat terpecahkan dan menyelesaikan persoalan merasa kesulitan dalam melakukan pembelajaran daring.
“Kita memberikan materi secara teoritis mengenai LMS Moodle. Arahnya agar memberikan pemahaman untuk penyempurnaan pembelajaran daring,” katanya.
Ketua MGMP SMP Matematika Wilayah Sukaraja Apiet Bulqini SPd MPd menyampaikan, kegiatan pengabdian ini bisa depannya bisa berlanjut terus. Tentunya agar dapat peningkatan mutu guru yang lebih berkualitas.
“Setelah pelatihan, diharapkan kita selalu mendapatkan pendampingan. Sehingga mampu memanfaatkan ilmu yang telah didapatkan lebih aplikatif dalam kegiatan belajar-mengajar,” ujarnya.
Peserta Asti Yanuwati SPd mengucapkan terima kasih kepada pengabdian Unsil yang telah mengadakan pelatihan LSM Moodle di MPGM SMP matematika di Kabupaten Tasikmalaya. Tentu saja banyak yang didapatkan dalam pemanfaatan teknologi LMS Moodle untuk kegiatan belajar-mengajar.
Mudah-mudahan ini bisa saya memanfaatkan LMS Moodle dalam kegiatan belajar-mengajar secara daring dan luring. Dengan begitu bisa berinteraksi dengan siswa.
Oleh karenanya, dia menginginkan kegiatan serupa tidak berhenti di sini, melainkan tetap berlanjut. “Itu dalam rangka peningkatan penggunaan LMS Moodle lebih mantap lagi,” katanya. (riz)
Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!