Pj Wali Kota: Pribumi vs Pendatang

Pj Wali Kota: Pribumi vs Pendatang
Pj Wali Kota: Pribumi vs Pendatang sona sonjaya/ radar tasikmalaya
0 Komentar

Dia memberi gambaran, figur yang tentunya diinginkan memiliki pemahaman akan kultur dan keunikan Kota Tasikmalaya. Di mana, secara historis, daerah ini terbilang istimewa dari sisi geopolitik dan kearifan masyarakatnya. ”Yang mau sungguh-sungguh kontribusi dan orientasi pelayanan bagi kita. Paham karakteristik dan kulturnya, namun, paham Tasikmalaya tentu tidak mesti orang Tasik kan, siapa saja yang penting memahami karakteristik dan kulturnya,” kata Ajat menegaskan.

DORONG SEKDA 

Sementara itu,  wacana siapa yang bakal mengisi kursi wali kota sebagai penjabat juga menjadi atensi masyarakat. Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Kota Tasikmalaya berharap pj wali kota benar-benar figur yang memahami Kota Tasikmalaya. ”Baik dari segi sosial, politik dan budaya. Apalagi Kota Tasikmalaya sebagai Kota Santri memerlukan sosok pejabat yang berkelanjutan dalam pemahaman kearifan daerahnya,” kata Ketua Lesbumi NU Kota Tasikmalaya Aan Ahmad Farhan.

Menurut dia, kebijakan Kementerian Dalam Negeri dengan mengisi kekosongan jabatan wali kota, sebagai dampak dari pemilihan serentak 2024 adalah dari Eselon II. Di pemerintahan Kota Tasikmalaya, sekretaris daerah adalah eselon II yang merupakan top leader di birokrasi pemerintahan Kota Tasikmalaya.

Baca Juga:Ekonomi Tumbuh Melalui Seni Adu Domba845 Pengendara Langgar Lalu Lintas

Apalagi sebagaimana diberitakan media, Menteri Dalam Negeri melalui Kepala Pusat Kementerian Dalam Negeri memberikan opsi bahwa jabatan wali kota dapat diisi oleh sekretaris daerah.

Atas opsi tersebut, lanjut Aan, Lesbumi  atas nama organisasi dan masyarakat memberikan dukungan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya untuk menjadi Pj wali kota sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.

”Pak Sekda Ivan Dicksan, sudah dikenal masyarakat apalagi warga nahdliyin. Putra daerah tentunya akan lebih peduli terhadap pembangunan daerahnya, alangkah lebih baik jika beliau nantinya menjabat Pj wali kota,” ujarnya. (igi)

[/membersonly]

Belum berlangganan Epaper? Silakan klik Daftar!

 

Laman:

1 2
0 Komentar