Dongkrak Produktivitas Pangan dari Keluarga

Dongkrak Produktivitas Pangan dari Keluarga
KUATKAN KETAHANAN PANGAN. Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya konsisten mendongkrak produktivitas pangan dari mulai keluarga. Foto: Istimewa
0 Komentar

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya turut berkontribusi dalam program penanggulangan kemiskinan, di antaranya menggulirkan Program Peningkatan  Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Berbasis Komunitas (P3KK).

Kepala DKP3 Kota Tasikmalaya Drs H Adang Mulyana MM menjelaskan, tingginya angka kemiskinan di Kota Tasikmalaya dan salah satunya terdapat pada sektor pertanian dan perikanan.  Mengacu pada Perwalkot Nomor 20 Tahun 2015, tentang Pedoman Program Peningkatan Produktivitas dan Pendapatan Keluarga Berbasis Komunitas. Merupakan program penanggulangan kemiskinan yang menitikberatkan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat guna meningkatkan produktivitas, pendapatan dan penghidupannya.

Melalui penguatan kapasitas keluarga dan pengembangan usaha ekonomi produktif dan kreatif dalam suatu komunitas atau kelompok. ”Sampai dengan tahun 2022, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya secara kuantitas telah memenuhi target Program Penanggulangan Kemiskinan sesuai target di RPJMD bahkan melebihi target yaitu sebanyak 1.588 Rumah Tangga Sasaran (RTS) yang menerima bantuan program dalam kurun waktu 5 tahun,” paparnya.

Baca Juga:Inklusi Keuangan Meningkat, Ekonomi Kuat10 Kader Kawal Satu TPS

[membersonly display=”Baca selengkapnya, khusus pelanggan Epaper silakan klik” linkto=”https://radartasik.id/in” linktext=”Login”]

Target program P3KK tingkat Kota Tasikmalaya sendiri, setiap tahunnya dipatok 600 rumah tangga sasaran sesuai dengan target pada RPJMD. Sementara dinasnya sendiri diberi target 300 RTS  per tahun dengan total 1.500 RTS dalam 5 tahun. ”Alhamdulillah progres selama 5 tahun ini rata-rata target yang diemban dinas kami terealisasi dan alhamdulillah secara kumulasi melebihi target yang ditetapkan,” kata Adang.

Program lain yang berkenaan dengan pengembangan produktivitas masyarakat.

Kata dia, DKP3 juga menggulirkan Program Pengembangan kawasan Rumah Pangan Lestari  (KRPL) atau Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang merupakan program unggulan pada Bidang Ketahanan Pangan dengan tujuan memanfaatkan lahan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumberdaya lokal, secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga.

”Program KRPL merupakan program unggulan yang memiliki andil dalam program pengendalian inflasi  dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat di Kota Tasikmalaya dengan tujuan utama mengurangi pengeluaran masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhan pangan rumah tangga dengan sasaran utama Kelompok Wanita Tani di wilayah Kota Tasikmalaya,” kata dia.

0 Komentar