19 Domba Dimangsa Anjing Liar di Parigi Kabupaten Pangandaran

anjing liar
Dinas Pertanian melakukan survei ke salah satu kandang di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, Kamis, 4 Juli 2024. (Istimewa for Radartasik.id)
0 Komentar

PANGANDARAN, RADARTASIK.ID – Sejumlah domba di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, telah menjadi korban serangan anjing liar.

Insiden ini terjadi sejak akhir Juni lalu di beberapa desa. Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Deni Rakhmat, mengungkapkan bahwa serangan tersebut dimulai pada 24 Juni 2024 di Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi.

Anjing liar tersebut berhasil memangsa dua ekor domba dari kandang yang terbuka, kemudian melanjutkan aksinya ke Astamaya, Desa Karangjaladri, di mana mereka memangsa beberapa ternak lainnya.

Baca Juga:Kades Tak Netral di Pilkada Kota Banjar 2024 Siap-Siap Terima Sanksi Berat!Satuan Reskrim Polres Banjar Lakukan Patroli Cyber Judi Online, Kominfo Cek WiFi Pemerintah

Deni menambahkan bahwa ada laporan warga yang melihat empat ekor anjing liar, tiga di antaranya berwarna merah bata dan satu berwarna hitam.

Selanjutnya, anjing-anjing liar itu bergerak ke Pasir Angin, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, dan memangsa domba di sana. Seorang pemilik ternak yang sedang ke sawah sempat melihat empat ekor anjing berlarian.

Serangan anjing liar ini mengakibatkan luka gigitan mematikan di bagian leher domba, menyebabkan kematian segera atau beberapa saat kemudian akibat kehilangan darah.

Di Desa Ciliang, domba yang diserang bahkan dimakan hingga bagian jeroannya. Warga yang mencoba menangkap kawanan anjing tersebut berhasil menembak satu ekor dengan senapan angin, namun anjing itu berhasil kabur.

Teror ini kemudian menyebar ke Desa Parigi, Kecamatan Parigi, tepatnya di Dusun Cijalu dan Cijoho, di mana juga ditemukan beberapa domba yang menjadi korban.

Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran melakukan survei lapangan dan menemukan bahwa 19 ekor domba telah dimangsa oleh gerombolan anjing liar tersebut. Rata-rata domba mengalami gigitan di bagian leher dengan bekas taring yang cukup dalam.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran, Yadi Gunawan, mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi serangan anjing liar terhadap ternak domba mereka.

Baca Juga:Banjar Water Park Tak Kunjung Dibenahi, Pemkot Gandeng Kejaksaan NegeriĀ Bekali Mahasiswa Agar Berhasil Berkarier, Politeknik LP3I Tasikmalaya Hadirkan Alumni Sukses dan MotivatorĀ 

Imbauan ini dituangkan dalam surat pemberitahuan nomor 524/1613/DISTAN.4/VII/2024 yang ditujukan kepada seluruh peternak, khususnya peternak domba.

Berdasarkan laporan masyarakat dan hasil survei di lapangan, serangan anjing liar telah mengakibatkan kematian belasan ekor domba di Kecamatan Parigi, tepatnya di Desa Karangbenda, Desa Ciliang, dan Desa Kalangjaladri.

0 Komentar