Kuotanya 30 Persen dari Daya Tampung 3.010 Mahasiswa

Unsil Membuka Seleksi Mandiri

AKTIVITAS. Suasana kampus Universitas Siliwangi (Unsil) di Jalan Siliwangi Kota Tasikmalaya, Kamis (10/6/2021). Unsil membuka seleksi mandiri untuk penerimaan mahasiswa tahun ini.

TASIK – Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya membuka Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM-PTN) Wilayah Barat Indonesia Tahun 2021. Pendaftarannya saat ini hingga 21 Juni 2021, pukul 16.00 WIB.

Acuannya Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMM-PTN) Wilayah Barat Indonesia Tahun 2021 berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan aan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada PTN dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN serta jalur Mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, para Rektor dari 17 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Wilayah Barat telah bersepakat untuk dapat menyelenggarakan program seleksi masuk perguruan tinggi jalur mandiri secara bersama yaitu program SMM PTN-BARAT 2021.

Untuk perguruan tinggi yang tergabung SMM PTN-BARAT 2021, antara lain; Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Bengkulu (Unib), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (Unila)

Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah).

Kemudian ditambah, Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU) Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudera (Unsam), Universitas Riau (UNRI) Universitas Siliwangi (Unsil) dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Jakarta).

Kasubbag Kerja Sama dan Humas Unsil Dedi Hartadi S Kom menjelaskan, Unsil mengikuti program SMM PTN-BARAT 2021, untuk melaksanakan jalur seleksi mandiri yang dilakukan secara bersama-sama. Dalam seleksi juga berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

”Unsil tergabung SMM PTN- Barat sudah tahun kedua ini. Tujuannya agar penyelenggaraannya lebih profesional, terjamin, terukur dan efisien,” katanya kepada Radar, Kamis (10/6/2021).

MENERANGKAN. Kasubbag Kerja Sama dan Humas Unsil Dedi Hartadi S.Kom menjelaskan tata cara pendaftaran SMM-PTN Wilayah Barat Indonesia Tahun 2021, Kamis (10/6/2021).

Kemudian, memperluas jangkauan peserta bebas memilih kampus yang tergabung di SMM PTN-Barat. Kemudian, mempermudah calon mahasiswa mengikuti ujian tes, bisa memilih lokasi ujian dipilih terdekat.

“Melalui program SMM PTN-BARAT 2021 ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih maksimum 2 (dua) program studi yang menjadi prioritas. Termasuk pada perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMM PTN-BARAT 2021,” ujarnya.

Lalu, untuk persyaratan pendaftaran bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah/Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.

“Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.

Ijazah adalah 3 tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021, Red) kecuali untuk beberapa universitas bisa 5-10 tahun terakhir,” kata dia.

Dalam penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2021 pembiayaan sepenuhnya bersumber dari registrasi dan seleksi para calon mahasiswa.

Untuk pembayaran sesuai dengan bank mitra yang telah ditetapkan. “Biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp350.000,” ujarnya.

Lebih lanjut, informasi jadwal pelaksanaan SMM PTN-BARAT 2021 yaitu 28 Juni – 7 Juli 2021. Dengan tempat ujian peserta di PTN terdekat dari tempat domisili karena untuk pencegahan penyebaran Covid-19.
“Utamanya kegiatannya ini adalah kesehatan dan keselamatan peserta dan panitia menjadi prioritas,” katanya.

Untuk jenis ujian pada pelaksanaan SMM PTN-BARAT 2021 dibagi menjadi 2 (dua) sebagai berikut; kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

“Selanjutnya, kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi, Red),” ujarnya.

PENGUMUMAN. Terpampang pengumuman SMM-PTN Wilayah Barat Indonesia Tahun 2021 di pintu masuk Unsil, Kamis (10/6/2021).

Ia pun menginformasikan, ketika ingin lebih lanjut mengetahui meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tata cara pembayaran biaya registrasi dan seleksi. Serta tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan pilihan PTN serta program studinya bisa dilihat di website SMM PTN-BARAT 2021
“Secara rinci dapat dilihat pada laman www.smmptnbarat.id dan website masing-masing perguruan tinggi peserta SMM PTN-BARAT tahun 2021,” katanya.

Sebelumnya Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerja Sama Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi menjelaskan, Unsil telah membuka pendaftaran program S1 untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan SMM PTN-BARAT 2021. Untuk jumlahnya kuotanya 20 persen untuk SNMPTN, 50 persen untuk SBMPTN, dan 30 persen untuk SMM PTN-BARAT 2021.

“Daya tampung mahasiswa baru Unsil Tasikmalaya tahun akademik 2021/2022 totalnya 3010 orang,” kata Prof Deden kepada Radar, Kamis (18/2/2021). (riz)

Be the first to comment on "Unsil Membuka Seleksi Mandiri"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: