Unsil Meluluskan 650 Wisudawan

SIDANG SENAT WISUDA UNSIL. Rektor Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MP (tengah) membaca sambutan wisuda Unsil periode II tahun akademik 2020/2021, Selasa (20/4/2021).

Universitas Siliwangi (Unsil) meluluskan 650 wisudawan untuk periode II tahun akademik 2020/2021. Mereka berasal dari program diploma, sarjana, dan magister. Rinciannya, diploma 7 orang, sarjana 607 orang dan magister 36 orang.

Demi menjaga dan menekan penyebaran Covid-19, pelantikan wisuda dilaksanakan dengan daring dan luring terbatas, Selasa (20/4/2021).

Rektor Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Rudi Priyadi Ir MP mengingatkan kepada wisuda Unsil sudah memasuki era baru. Oleh karenanya harus memberikan kontribusi nyata dalam wujud karya dan karsa yang dapat disumbangkan kepada masyarakat, sesuai bidang ilmu yang mereka peroleh.

“Alumni Unsil harus mampu bermanfaat untuk masyarakat. Lalu unggul dan profesional ketika memasuki dunia kerja ataupun dunia usaha,” katanya kepada Radar, Kamis (22/4/2021).

PROSESI WISUDA. Perwakilan lulusan Unsil terbaik mendapatkan kesempatan langsung menghadiri wisuda secara luring, Selasa (20/4/2021).

Ketika memasuki dunia kerja alumni Unsil harus profesional, inovatif, kreatif, dan tekun serta tidak mudah menyerah, disiplin, berfikir lebih luas dan bijaksana.

“Demikian juga ketika ada yang memilih menyelami dunia usaha tanamkanlah jiwa kewirausahaan yang sesungguhnya dalam diri para alumni,” ujarnya.

Selain itu, Unsil pun memiliki cita-cita dapat menerapkan standar internasional. Upaya ini untuk mencetak sumber daya manusia yang tangguh. “Dengan usaha pasti bisa meraih kesuksesan apa yang dicita-citakan bersama,” katanya.

Prof Rudi mengucapkan bahagia kepada 650 wisuda pada periode II tahun akademik 2020/2021. Terlebih ada 186 lulusan yang memiliki IPK di atas 3,50 atau mendapatkan IPK pujian.

“Selamat yang menjadi lulusan terbaik Unsil dari program Diploma Perbankan dan Keuangan Sopiah Syahrani dengan IPK 3,52, Program Sarjana dari Agri Bisnis Fakultas Pertanian Rohayati Suci dengan IPK 3,97 dan Program Pascasarjana Magister Manajemen Nita Fauziah Oktaviani dengan IPK 3,96,” ujarnya.


Prestasi selanjutnya yaitu lulusan tercepat diraih oleh Irman Firmansyah dari Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Irman lulus setelah menempuh masa studi 3 tahun 5 bulan 12 hari.

“Semua itu membuat lulusan Unsil kali ini capaian rata-rata IPK sebesar 3,34,” katanya.
Perwakilan wisuda, Nita Fauziah Oktaviani menyampaikan kelulusan wisuda ini harus bisa terefleksikan kepada alumni Unsil. Artinya bagaimana mempersiapkan visi dan misi ke depan dalam mempertanggungjawabkan ilmunya untuk khalayak umum.

“Momentum wisuda ini langkah mencari jati diri, karena hidup ini adalah perjuangan dan belajar,” ujarnya.
Oleh karenanya, dia mengajak tetap menjadi sosok yang tidak mudah menyerah dan terus berusaha untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

“Mari tetap menjadi generasi bangsa yang tidak mudah menyerah dan berkarya untuk kebermanfaatan bagi lingkungan sekitarnya,” katanya. (riz)

Be the first to comment on "Unsil Meluluskan 650 Wisudawan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: