SMKN Cikalong Konsisten Meraih Prestasi

BERPRESTASI. Siswa SMKN Cikalong juara 1 Voli Putra pada gelaran Erry Cup 2019 antara SLTA Se- Priangan Timur wilayah Selatan di Kecamatan Cikalong.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Cikalong Tasikmalaya berkomitmen menjadi sekolah integratif, religius, pancasilais, berwawasan global dan memahami dunia kerja serta industri.

Dengan begitu, mereka bisa mencapai target sebagai sekolah unggul dan maju di Tasikmalaya hingga Jawa Barat.

Walaupun sekolah ini baru berdiri selama enam tahun, SMKN Cikalong bisa sukses. Mereka meraih berbagai prestasi hingga ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

Berbagai kompetisi akademik dan non akademik siswa atau guru dari SMKN Cikalong Tasikmalaya terus menuai prestasi.

Misalnya perlombaan akademik, yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Tugas Daearah (UPTD) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) berhasil masuk menjadi nominasi juara.
Kemudian, dalam Lomba Karya Tulis Populer Antarpelajar Tingkat Jawa Barat, Ayu Barkilah (XI OTKP 2) berhasil masuk menjadi 10 besar karya terbaik.

Tak siswa yang berprestasi. Guru juga sama. Mereka membanggakan. Tatang Zaelani SPd masuk nominasi juara Lomba Karya Tulis Jawa Barat.

Ketua OSIS SMK Negeri Cikalong, Ayu Barkilah pada tahun pelajaran 2020/2021 dipercaya menjadi pengurus Forum Osis Jawa Barat (FOJB) dan bertugas sebagai staf di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Dia pun dalam bidang akademik berhasil mendapat predikat sangat memuaskan.

Dalam Test of English for International Communication (TOEIC) yang diadakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ayu Prawita (XII TKJ) juga meraih skor di atas 500. Itu membanggakan.

Adapun dalam bidang nonakademik, SMKN Cikalong telah mengikuti ajang Festival Film Pendek Fiksi Jabar XI (FPPFJ XI). Sebuah film pendek berjudul Lukisan yang Tak Usai yang disutradarai Tatang Zaelani SPd berhasil masuk nominasi pemenang, bersama dengan nominator lain dari sanggar seni se-Jawa Barat.

MEMBANGGAKAN. Siswa menerima piala bergilir SMKS Nurussalam.

Selain berprestasi di bidang seni, siswa SMKN Cikalong pun menorehkan prestasi gemilang dalam bidang olahraga voli. Berbagai kejuaraan telah diraih baik di tingkat Tasikmalaya Selatan maupun tingkat Priangan Timur, seperti; pemain terbaik atas nama Pitrio kelas XI Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) pada kejuaraan ERRY CUP 2019 dan juara 1 lomba volly ball tingkat SLTA Tahun 2020.

Prestasi-prestasi itu menunjukkan bahwa kreativitas, jiwa usaha, dan bertalenta membuat siswa dan guru SMKN Cikalong mempunyai potensi yang sangat besar. Mereka sejajar dengan sekolah lainnya yang berkualitas dan unggul.

“Bahwa usia bukanlah faktor penentu majunya suatu lembaga, karena yang paling utama adalah tekad yang kuat untuk tidak menyerah. Itu lah yang membuat saya bangga kepada siswa dan guru SMKN Cikalong karena selalu berpikir untuk mau berubah,” katanya Kepala SMK Negeri Cikalong, Mamat Rahmat SPd MMPd kepada Radar, Rabu (21/4/2021).

Tekad yang kuat itu, sambung Mamat, sekalipun di masa pandemi seperti ini SMK Negeri Cikalong terus meningkatkan kreativitas pembelajaran.

APRESIASI. Kepala SMK Negeri Cikalong, Mamat Rahmat SPd MMPd (kiri) menunjukkan hasil produk dari siswanya berupa makanan olahan dari laut, seperti; sambel cumi, asin jambal roti, dan bakso ikan.

“Agar tujuan SMKN Cikalong yang menghasilkan lulusan yang mampu bekerja, wirausaha dan melanjutkan (BMW) betul-betul terwujud,” ujarnya.

Agar mampu BMW ini, proses yang SMKN Cikalong yang ditempuh menerapkan program unggulan. Misalnya seperti kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dengan pengembangan Teaching Factory (Tefa) untuk pembelajaran praktik siswa. Itu dilaksanakan dilingkungan yang telah dikondisikan seperti ditempat kerja sebenarnya.

“Artinya kita betul-betul membuat siswa berpengalaman seperti aslinya. Karena dari waktu, prosedur, cara dan kualitas standar dunia usaha dan dunia industri,” katanya.

Selanjutnya, untuk kompetensi keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI). Pihaknya mengarahkan kepada pengembangan kewirausahaan.

“Para siswa diajarkan bagaimana bisa membuat produk makanan dari sumber dari laut, sehingga mereka bisa membuat sambel cumi, asin jambal roti, baso ikan, dan jenis makanan laut lainnya,” ujarnya.

TES TOEIC. Pada 2020 siswi SMKN Cikalong mendapat predikat sangat memuaskan dalam test of English for international Communication ( TOEIC ) dengan meraih score diatas 500 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI.

Artinya kegiatan kewirausahaan yang terus dikembangkan oleh para siswa SMKN Cikalong adalah sesuai dengan kompetensi keahliannya.

“Dengan siswa terjun langsung untuk membuat produk tertentu sehingga mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan,” katanya.

Menambahkan, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan SMKN Cikalong, Tatang Zaelani SPd menyiapkan lulusan yang berjiwa mandiri tanggap dan peduli terhadap perkembangan zaman, pihaknya kini mengarahkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan.

“Tekad sekolah menyiapkan lulusan yang selalu berpikir dan berbuat untuk kepentingan dirinya serta lingkungannya,” ujarnya.

Agar mencapai tujuan tersebut, ia pun mempercayai kesuksesan SMKN Cikalong meraih berbagai penghargaan di setiap kejuaraan tidak terlepas atas dorongan seluruh pembimbing dan tenaga pendidik. Selanjutnya, siswa diajak menguasai bidang ekstrakurikuler dan bidang intrakurikuler lainnya.


Untuk intrakurikulernya SMKN Cikalong memanfaatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai lembaga penumbuhan pengembangan minat dan bakat siswa.

“Setiap tahun, kreativitas dan inovasi pengurus OSIS semakin baik yang dapat dilihat dari kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS yang dilaksanakan secara online,” katanya.

Dengan itu, ia merasa sangat bangga atas pencapaian siswa SMK Negeri Cikalong. Tatang pun berjanji memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi seluruh siswa.

“Saya sangat bangga bahwa siswa kita mampu bersaing di level Jabar. Harus tetap semangat dan terus tingkatkan prestasi,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "SMKN Cikalong Konsisten Meraih Prestasi"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: