Sepekan, Empat Pasien Meninggal

Jenazah pasien positif Covid-19 saat akan dibawa ke TPU Dipatiukur menggunakan mobil ambulans.

BANJAR – Kasus kematian akibat corona terus bertambah. Minggu (18/4/2021) sekitar pukul 04.00, satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Kota Banjar meninggal dunia.

Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjar Rusyono SKM, MM mengatakan pasien yang meninggal berinisial SH (67) warga Ciktim Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman. “Almarhum meninggal dunia di ruang isolasi 3 saat menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Kota Banjar,” kata dia, Minggu (18/4/2021).

Satu hari sebelumnya, Sabtu (17/4/2021) sekitar pukul 03.30 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 juga meninggal dunia. Diketahui berinisial MS (71). Almarhum mengalami gagal nafas.

Almarhum baru dua hari menjalani perawatan di RSUD Kota Banjar. Lalu masuk ke ruang ICU dan dilanjutkan ke ruang isolasi 3 sebelum dinyatakan meninggal dunia. “Keduanya dimakamkan di TPU Dipatiukur Kelurahan Banjar Kecamatan Banjar sesuai protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Dia menambahkan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Banjar yang meninggal menjadi 34 orang. “Sepekan ini sudah empat yang meninggal dunia akibat Covid-19,” katanya.

Maka dari itu, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Banjar mengimbau masyarakat agar ketat dalam menjalankan prokes 5 M. “Jaga diri kita, keluarga kita dari bahaya virus corona yang setiap saat mengintai. Salah satu pencegahannya yakni dengan sadar prokes,” ujarnya.

Hanya Dua WilayahZona Hijau, 1 Kuning
Wilayah yang masyarakatnya terpapar Covid-19 ditetapkan pemerintah sebagai zona merah Covid-19. Berdasarkan pemetaan Satgas Gugus Tugas Covid-19, dari seluruh desa dan kelurahan di empat kecamatan, hanya tiga wilayah yang bukan zona merah.

Ketiga wilayah itu yakni Karyamukti zona hijau, Sinartanjung zona hijau serta Desa Jajawar zona kuning. “Penambahan kasusnya masih tinggi. Hari ini (kamarin, Red) ada penambahan sekitar 22 orang. Kemudian hari sebelumnya sekitar 26 orang. Masih tinggi dan risiko terpapar masih banyak jika prokes masih kendor,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar Agus Nugraha, Minggu (18/4/2021).

Ia menjelaskan penyebab masih banyaknya orang terpapar lantaran penerapan prokes orang yang isolasi mandiri kurang baik. Risiko menularkan virus bagi orang terdekat masih sangat tinggi. (cep)

Be the first to comment on "Sepekan, Empat Pasien Meninggal"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: