Perketat Keamanan Menjelang Sahur

FOTO-FOTO Istimewa PERSIAPAN. Jajaran personel Polres Ciamis bersiap saat patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) menjelang sahur Ramadan, Minggu (18/4/2021).

CIAMIS – Jajaran personel Polres Ciamis melaksanakan patroli kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) setiap menjelang sahur selama bulan Ramadan. KRYD tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga di wilayah hukumnya.

“Selama bulan Ramadan, kami Polres Ciamis Polda Jabar rutin melaksanakan patroli KRYD di seluruh wilayah hukum Polres Ciamis yang mencakup dua kabupten, Kabupaten Ciamis dan Pangandaran,” ujar Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, SIK, MSi, seusai menerima hasil laporan patroli KRYD pada Minggu (18/4/2021).

Kapolres menjelaskan, patroli dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga selama Ramadan. Patroli merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi kriminalitas yang terjadi selama bulan suci.

“Personel kami melaksanakan patroli sekaligus menyampaikan pesan-pesan kamtibmas ke masjid, SPBU, terminal, dan pemukiman warga di wilayah hukum polsek masing-masing,” kata Kapolres.
“Kami juga berpatroli ke tempat-tempat rawan terjadinya kriminal serta mengantisipasi aksi balapan liar dan C3 (curas, curat, dan curanmor) di wilayah hukum Polres Ciamis,” tambahnya.

Selain itu, kepolisian juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Kepada warga yang melaksanakan sahur keliling untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Itu semua wajib kita terapkan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Selain pengamanan sahur Ramadan, Polres Ciamis juga memantau keamanan di sejumlah objek vital. Di siang hari, tiga personel Satuan Sabhara bergantian melakukan patroli mengelilingi tempat keramaian.
“Anggota yang bertugas melakukan patroli dialogis di daerah pusat kota Kabupaten Ciamis, di antaranya Bripka Veries Sudarisman, Bripka Rizal Andriansyah, dan Brigadir Dony Marihot. Mereka semua menggunakan kendaraan patroli roda empat untuk melihat situasi dan kondisi di wilayah objek vital di pusat kota Ciamis,” ujar Kapolres Ciamis.

AKBP Hendria menerangkan, sasaran yang dituju patroli hari ini di antaranya Kantor Telkom Ciamis, Dinas Kesehatan dan SPBU Permata Bunda. Di setiap lokasi anggota menyampaikan imbauan dan pesan-pesan kamtibmas.

“Pesan-pesan kamtibmas selalu disampaikan oleh anggota seperti menjaga keamanan lingkungan dengan selalu mengunci pintu sebelum bepergian keluar, kunci ganda pada setiap kendaraan dan sebagainya. Selain itu juga disampaikan imbauan sekaligus edukasi tentang protokol kesehatan,” tuturnya.

AKBP Hendria berharap pelaksanaan kegiatan patroli dialogis dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Serta dapat mengurangi niat para pelaku kriminal dengan hadirnya anggota kepolisian di tengah-tengah masyarakat.

“Peran serta masyarakat sangatlah penting dalam membantu tugas ke­polisian menjaga kondusivitas wilayah. Mari sama-sama kita menjadi polisi bagi dirinya sendiri, keluarga dan orang lain di sekitar kita guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” ujarnya. (isr/rls)

Be the first to comment on "Perketat Keamanan Menjelang Sahur"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: