Jabatan Adalah Amanah

H Budiaman Sanusi

H Budiaman Sanusi (50) memaknai jabatan sebagai amanah yang akan dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat. Oleh karena itu ia sebisa mungkin berintegritas dan kredibilitas.

Pria kelahiran Garut ini memahami sebagai aparatur sipil negara (ASN) harus siap mengabdi dengan totalitas dan melayani masyarakat dengan segenap hati.

Prinsip itu terbentuk saat Budiaman menimba ilmu di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Dia lulus pada 1992 dan saat melaksanakan wajib militer di Kodam Bukit Barisan, Sumatera Utara.

“Selama pendidikan saya terbentuk karakter harus totalitas dalam bekerja. Ketika menjadi ASN harus siap melayani masyarakat dengan segenap hati,” katanya kepada Radar, Kamis (15/4/2021).

Setelah itu, Budiaman mendapatkan tugas menjalani ASN pada tahun 1994. Dia mendapatkan tugas di staf Bagian Urusan Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya.

Kemudian mendapatkan tugas belajar di Unpad Bandung, selanjutnya tahun menjabat Sekretaris Camat Cikalong dan Sekretaris Camat Singaparna.

Budiaman pernah bertugas di Kelurahan Yudanagara. Kemudian pindah ke Bawasda/Inspektorat Kota Tasikmalaya dan Bappeda sebagai Kasubag Anggaran Kota Tasikmalaya.

“Lalu dipindah tugaskan jadi Camat Purbaratu, Sekretaris Bappeda Kota Tasikmalaya, dan Kepala Kantor Kesbang Kota Tasikmalaya,” ujarnya mengenang.

Serta menjadi Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, kemudian Sekban BPKAD Kota Tasikmalaya, dan kini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

“Loyalitas dan komitmen para ASN adalah siap dipindahkan pada ke mana saja. Itu yang selalu saya tanamkan,” katanya menjelaskan.

BERSAMA. H Budiaman Sanusi (tengah) akrab bersama rekan-rekannya.

Saat diangkat menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya pada 5 Desember 2018, ia berjanji menjalankan amanah jabatan ini sebaik mungkin, terutama dalam memajukan dunia pendidikan.

“Saya memahami dunia pendidikan adalah tugas yang paling penting dan banyak permasalahan. Oleh karenanya semoga amanah ini bisa jalankan sebaik mungkin untuk membawa generasi masa depan unggul dan berkarakter,” ujarnya penuh optimis.

Kini adalah tahun ketiga Budiaman berkiprah di Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Ia terus berusaha untuk menjaga kredibilitas dan berintegritas sehingga dapat dipercaya serta dapat diandalkan.
“Setiap amanah yang telah diberikan saya tidak akan sia-siakan kepercayaan yang telah diberikan,” katanya menjelaskan.

Budiaman pun menyadari menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ia pun sadar diri untuk terus memperbaiki sehingga dapat memperkuat keterampilan dalam membina organisasi lebih terstruktur dan sistematis.

“Saya pun menyadari tiada gading tak retak. Dengan setiap ada kesempatan ingin terus memperbaiki kualitas diri untuk kebaikan organisasi,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "Jabatan Adalah Amanah"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: