Efektivitas Parkir Berlangganan Dipertanyakan

CIAMIS – Pemerintah Kabupaten Ciamis akan segera memberlakukan parkir berlangganan. Dinas Perhubungan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat sebelum kebijakan ini diberlakukan.

Pengamat sosial, politik Ciamis, Endin lidinillah MAg mengatakan, diketahui saat ini Dishub sedang menyo­sialisasikan untuk parkir berlangganan. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah efektivitas dari parkir ber­lang­ganan yang sudah di­buat payung hu­kum­nya berupa pe­raturan daerah.

“Dalam perda tersebut kemungkinan tidak akan efektif. Karena dari sudut substansinya, parkir berlangganan itu hanya pilihan bukan keharusan, sehingga efektivitasnya dipertanyakan. Bahkan dari sudut strukturnya masih banyak pembenahan yang membutuhkan biaya besar,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Terpisah, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Ciamis H Oih Burhanudin mengatakan, untuk parkir berlangganan ini sangat bisa diterapkan di Kabupaten Ciamis. Pasalnya, proses pembentukan undang-undang melibatkan masyarakat, Apdesi, organda yang mewakili unsur masyarakat. “Saya tahu mereka sangat setuju tentang parkir berlangganan ini,” kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Bambang Hermansyah SSos MSi menambahkan, memang perda sudah ditetapkan, bahkan sekarang lagi penyusunan perbup sebagai aturan turunannya. Sehingga dalam waktu dekat ini parkir berlangganan bisa segera direalisasikan. “Parkir berlanganan itu tujuannya untuk menaikan PAD dari sektor retrebusi parkir. Pengutamaannya untuk kendaraan di seluruh Kabupaten Ciamis,” ujarnya, menjelaskan.

“Untuk mekanisme pembayarannya bisa disatukan dengan pajak kendaraan atau secara manual membayar ke Dinas Perhubungan,” ujarnya, menambahkan. (isr)

Be the first to comment on "Efektivitas Parkir Berlangganan Dipertanyakan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: