Kembangkan UMKM, Sejahterakan Umat

PB Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj menandatangani perjanjian kerja sama Peningkatan dan Pemberdayaan Umat melalui Penyaluran Pembiayaan, Pendampingan Manajemen dan Akses Pasar bagi Koperasi dan UMKM.

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemnekop) terus mengupayakan menyejahterakan umat, melalui mendorong UMKM. Hal ini karena sebagian besar pelaku ekonomi umat adalah masyarakat menengah ke bawah.

”Saat ini jumlah pelaku UMKM sebanyak 69,3 juta, di mana sebagian besar atau lebih dari 99 persen merupakan usaha mikro yang harus kita tingkatkan,’’ ujar Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim, di Bandung, Sabtu (3/4/2021).

Dalam kesempatan itu, Kemenkop UKM yang diwakili Sesmenkop UKM Arif Rahman Hakin dan Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj, menandatangani perjanjian kerja sama tentang Peningkatan dan Pemberdayaan Umat melalui Penyaluran Pembiayaan, Pendampingan Manajemen dan Akses Pasar bagi Koperasi dan UMKM.

Sejauh ini, kata Arif, pihaknya telah mendorong UMKM untuk berkembang dan naik kelas, sehingga produk yang dihasilkan bisa bersaing secara global.

”Kami sudah menyesuaikan struktur yang ada untuk membesarkan usaha mikro ini dengan membentuk Deputi Usaha Mikro sehingga menjadi fokus,’’ ucapnya.

Lanjut Arif, pihaknya terus mendorong pelaku UMKM agar naik kelas, sehingga bisa bersaing di pasar yang lebih luas atau pasar global.

”Saat ini sudah banyak kaum muda atau mahasiswa yang berubah orientasinya dari pencari kerja menjadi wirausaha muda produktif,” katanya.

Sementara itu, KH Said Aqil Siroj meminta kepada pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi usaha mikro untuk bisa mengakses pembiayaan khususnya dari perbankan.

”Terus terang selama ini keberpihakan kepada wong cilik kurang khususnya dalam mengakses pembiayaan perbankan.

Makanya selama ini yang menikmati pertumbuhan ekonomi ya golongan tertentu saja sementara rakyat kecil dari dulu nasibnya susah. Mohon perhatikan masalah pemerataan kesejahteraan jangan semata-mata mengejar pertumbuhan,” ujar KH Said Aqil Siroj. (din/fin)

Be the first to comment on "Kembangkan UMKM, Sejahterakan Umat"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: