91 Napi Diisolasi di Ruangan Khusus

Davy Bartian Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Tasikmalaya

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Tasikmalaya Davy Bartian menjelaskan penemuan warga binaan positif Covid-19 di lapas berawal adanya satu warga binaan yang memeriksakan diri ke klinik Pratama Lapas.

”Saat itu warga binaan terganggu penciumannya, bahkan tidak bisa merasakan bau apapun,” kata Davy menjelaskan, Senin (5/4/2021).

Kemudian warga binaan itu menjalani rapid test antigen dan hasilnya reaktif.
“Selanjutnya saya khawatir dengan penghuni yang cukup banyak, bahkan oper kapasitas tentunya satu orang warga binaan itu diantisipasi jangan sampai teman dalam satu kamarnya itu terpapar,” kata dia.

Selanjutnya pihak Lapas Tasikmalaya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya untuk melakukan swab test massal untuk seluruh warga binaan pada tanggal 27 Maret lalu. “Kemudian pada Jumat kemarin hasilnya keluar setelah satu minggu sejak di-swab. Kita mendapatkan laporan kurang lebih ada 91 warga binaan yang memang terkonfrmasi positif Covid-19,” kata Davy.

Kemudian, kata Davy, pihaknya melakukan langkah evakuasi kepada 91 orang yang hasilnya positif Covid-19 itu. Karena warga binaan itu tersebar di beberapa kamar.

“Kita itu satukan untuk isolasi dalam blok khusus, termasuk kami melakukan sterilisasi di setiap kamar, termasuk pengawasan dan pemberian obat-obatan dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19,” kata dia.

Termasuk, pihak lapas juga melaporkan langkah-langkah penanganan Covid-19.
“Kita sudah melakukan pemeriksaan, penyekatan. Termasuk menyediakan petugas khusus yang mengawasi petugas khusus Covid yang dibentuk di lapas. Termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat di Lapas,” kata dia.

Menurut dia, kejadian itu merupakan salah satu contoh kenyataan bahwa Covid-19 itu ada. Termasuk kegiatan-kegiatan sementara di Lapas Tasikmalaya dibatasi, termasuk pembinaan.
“Semua diisolasi di dalam tahanan,” kata dia. (ujg)

Be the first to comment on "91 Napi Diisolasi di Ruangan Khusus"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: