Peserta Ujian Harus Mematuhi Protokol Kesehatan

Unsil Siap Melaksanakan UTBK-SBMPTN

PENGARAHAN. Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi (kedua, kiri) sedang melaksanakan rapat koordinasi bersama Satgas Covid-19 dalam mempersiapkan menjelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) pada 12 April- 2 Mei 2021.

TASIK – Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya menyelenggarakan Rapat Koordinasi bersama Satgas Covid-19.

Hal itu, untuk persiapan menjelang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) pada 12 April-2 Mei 2021.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerja Sama Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi menyebutkan sebanyak 6.000 peserta yang akan melaksanakan UTBK-SBMPTN 2021 di Unsil. Dalam setiap harinya ada 500 orang.

KOORDINASI. Satgas Covid-19 dari unsur TNI, Polisi, dan BPBD bersilaturahmi ke Unsil untuk mendapatkan informasi pelaksanaan UTBK-SBMPTN dari 2 April - 2 Mei 2021.

”Unsil sudah menyediakan 13 ruangan yang terisi perangkat penunjang dalam melakukan UTBK-SBMPTN,” katanya kepada Radar, Kamis ( 1/4/2021).

Untuk meningkatkan keprofesionalan kinerjanya, sambung Deden, petugas khusus UTBK-SBMPTN nanti diberikan pembekalan dan simulasi mengenai kepengawasan dalam UTBK. “Pembekalan sendiri dilakukan dalam awal bulan ini,” ujarnya.

Semuanya itu, kata Deden, agar memperlancar pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini. Berdasarkan panduan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terbagi menjadi dua tahap. “Tahap 1 dimulai dari 12-18 April dan tahap 2 pada 26 April – 2 Mei 2021,” katanya.

Sedangkan hasilnya untuk SBMPTN akan diumumkan pada Juli 2021 karena pelaksanaannya di tengah pandemi, UTBK akan dilaksanakan dengan lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Oleh karenanya terhadap semua komponen yang terlibat dalam pelaksanaan UTBK dari panitia UTBK dan peserta harus menggunakan masker dan terus menjaga kebersihan diri,” ujarnya mengingatkan.

FOKUS. Civitas Akademika Unsil sedang memperhatikan pesan yang diberikan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerja Sama Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Deden Mulyana SE MSi di lantai 2 rektorat Unsil Tasikmalaya, Kamis (1/4/2021).

Senada, Ketua Pusat Komunikasi Informasi dan Edukasi (PKIE) Unsil Tasikmalaya Dr H Asep Suryana Abdurrahmat SPd MKes mengatakan persiapan menjelang UTBK-SBMPTN di Unsil kini terus ditingkatkan, selanjutnya juga berkoordinasi dengan Satgas Covid-19.

“Sebelum adanya sesi pelaksanaan UTBK-SBMPTN, simulasi penerapan protokol kesehatan sudah dimulai tiga hari sebelumnya. Dari penyeterilan ruangan dan memasang pos penjagaan protokol kesehatan dari Satgas Covid-19,” katanya.

Oleh karenanya para peserta UTBK perlu mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari pengukuran suhu, mencuci tangan, memakai hand sanitizer, memakai masker dan face shield serta menggunakan sarung tangan.

“Berarti peserta yang diperkenankan mengikuti ujian hanya peserta yang sehat atau dinyatakan bebas Covid-19,” ujarnya. (riz)

1 Comment on "Unsil Siap Melaksanakan UTBK-SBMPTN"

  1. Aan Rusdiana | 9 April 2021 pada 18:14 | Balas

    Untuk menyataka peserta bebas covid-19, apakah harus memperlihatkan hasil rapidtest atau swab?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: