Hasil Tes GeNose Bisa Dipakai Naik Pesawat dan Kapal

TES GENOSE. Calon penumpang kereta api saat melakukan test GeNose sebelum keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (4/2/2021). Mulai 1 April 2021, pemerintah memutuskan bahwa hasil tes melalui embusan napas itu bisa dipakai untuk pemberangkatan menggunakan pesawat dan kapal.

JAKARTA – Pemerintah menerbitkan ketentuan baru perjalanan dalam negeri. Dalam aturan ini, alat deteksi dini Covid-19 berbasis embusan napas yaitu GeNose C19 mulai diberlakukan di semua alat transportasi.

Terlebih, bagi calon penumpang angkutan udara dan angkutan laut sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan orang dengan angkutan udara.

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 12/2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Di Masa Pandemi Covid-19. SE itu berlaku mulai 1 April 2021.

Tes GeNose bagi penumpang angkutan udara dan laut ini menjadi alternatif yang dapat dipilih penumpang sebagai persyaratan perjalanan selain RT-PCR maupun rapid test antigen yang sudah berlaku sebelumnya.

“SE Satgas 12/2021 ini mulai berlaku efektif 1 April 2021,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito akun Youtube Pusdalops BNPB, Senin (29/3/2021).

Dalam SE 12/2021 penggunaan alat deteksi dini Covid-19 berbasis embusan napas hasil produksi dalam negeri yaitu GeNose C19 akan diperluas pada seluruh moda transportasi. Hal itu sebagai alternatif skrining kesehatan pelaku perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19.

Latar belakang adanya ketentuan syarat perjalanan dalam negeri yang baru ini yakni untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran covid-19 yang terus berpotensi meningkat melalui mobilitas manusia atau perjalanan orang. (der/fin)

Be the first to comment on "Hasil Tes GeNose Bisa Dipakai Naik Pesawat dan Kapal"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: