Siswa SMA QSBS Sudah Berhasil Go Internasional

SMA QSBS Cetak Ilmuwan Berbasis Sains Al-Qur’an

BERPRESTASI. Siswa SMA QSBS Al Kautsar 561 yang mampu berprestasi dari tingkat lokal hingga internasional.

TASIK – Sekolah Menengah Atas (SMA) Quranic Science Boarding School (QSBS) Al Kautsar 561 Kabupaten Tasikmalaya mempunyai target mencetak ilmuwan berbasis sains Al-Quran.

Kepala SMA QSBS Al Kautsar 561 Diana Arianti Suherman MPd mengatakan sebagai lembaga pendidikan dengan sistem boarding school/pesantren dan sekolah umum.

Tujuannya menghasilkan para ahli agama.
“Oleh karenanya kita ingin melahirkan ilmuwan dan ulama dari rahim SMA QSBS,” katanya kepada Radar, Rabu (31/3/2021).

Dalam menunjang itu, SMA QSBS Al Kautsar 561 mengikuti kemajuan zaman namun merawat tradisi-tradisi kepesantrenan. Manfaatnya para siswa atau santri di sini bisa menguasai sains dan teknologi, terlebih Islam sangat erat kaitannya dengan sains dan teknologi.

“Integrasi sains dengan fondasi nilai-nilai Islam juga akan melahirkan ilmuwan-ilmuwan yang mempunyai dasar-dasar agama yang kuat sehingga tercipta generasi manusia yang unggul selaras dengan tujuan pendidikan Indonesia,” ujarnya.

DEDIKASI. Guru-guru SMAN QSBS Al-Kautsar 561 melaksanakan pengabdian untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Lalu, menurutnya, banyaknya fakta-fakta ilmiah dari Al-Qur’an dan Sunnah yang selaras dengan ilmu pengetahuan dan juga isyarat-isyarat ilmiah. Dengan begitu bisa digali untuk mendorong penemuan-penemuan baru dalam bidang sains dan teknologi.

“Sangat banyak jasa-jasa ilmuwan Islam terdahulu dalam pengaruhnya sehingga di sini ingin memperdalamnya terhadap sains modern. Karena itu penting untuk diteruskan oleh generasi sekarang,” katanya.

Terbukti, wujud keunggulan boarding school di sini mampu menciptakan lingkungan yang kondusif baik dalam pendalaman materi sekolah.

“Karena mereka bisa lebih baik memahami teori ataupun praktik, peningkatan bahasa asing (Arab dan Inggris), menumbuhkan jiwa kepemimpinan, membiasakan etika Islam, dan menghafal Al Qur’an dan menjaga anak didik selalu menjalankan ibadah mereka,” ujarnya.

Selanjutnya, siswa mempunyai waktu yang lebih leluasa untuk mengembangkan minatnya.
“Diantaranya bisa dengan menambahkan ekstrakulikuler sesuai dengan peminatan peserta didik,” kata dia menjelaskan.

Wakasek Humas SMA QSBS Al Kautsar 561 Khoerul Matin SPd dan Ketua Harian Al Akautsar 561 Ustaz Rifqi Fauzi Lc menjelaskan adanya sekolah ini, melihat perpaduan sains dan kandungan Al-Qur’an bukanlah memperlemah dari salah satunya, melainkan menguatkan untuk kedua-duanya.

Karena sains merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah Swt yang tersirat di alam/ayat kauniyah, sedangkan Al-Quran merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah yang tersurat/ayat kauliyah.

“Dalam ayat kauliyah (QS. Ali Imran: 190-191) diperintahkan untuk meneliti ayat kauniyah. Penelitian ayat kauniyah secara ilmiah menghasilkan ilmu pengetahuan (sains, Red),” ujarnya.

Dengan menggunakan pembelajaran aspek spiritual keagamaan akan lebih memberikan jaminan bahwa sains tersebut akan memberikan kebaikan dan keberkahan bagi umat manusia di dunia dan akhirat.

“Sedangkan menghadirkan sains dalam agama akan meningkatkan kualitas keimanan, melalui peningkatan pemahaman agama yang logis,” katanya.

Berbekal keunggulan di atas, kini SMA QSBS Al Kautsar 56 terus menorehkan prestasi baik berskala lokal, nasional bahkan internasional. Hal itu dalam bidang sains atau agama diantaranya; juara olimpiade sirah Nabawi nasional, medali perak olimpiade kimia nasional, silver medal bidang matematika pelatihan olimpiade sains Indonesia (POSI), medali emas bidang astronomi dalam Mango science competition (MSC), Juara 2 lomba kreativitas Biologi di ITB, Bronze medals ISIF, dan Juara 2 LKTI Nasional ASC-AMQ 2020.

“Serta siswa kami bisa mendapatkan penghargaan Spesial Awards Rumah KIR Indonesia, honorable mention dari global honorable mention dari Youth Science and Technology Bowl Hongkong 2020 dengan penelitian pembuatan penyedap rasa alternatif dari belalang, dan kejuaraan lainnya yang diselenggarakan di berbagai sekolah,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "SMA QSBS Cetak Ilmuwan Berbasis Sains Al-Qur’an"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: