Pemerintah Harus Senada Soal Larangan Mudik

Lasmi Indaryani, Anggota Komisi V DPR RI

Perlu adanya imple­mentasi tegas untuk larangan mudik libur Lebaran Idul Fitri 2021. Agar penanganan pandemi Covid-19 termasuk vaksinasi nasional yang tengah berjalan bisa dilakukan dengan baik.

Anggota Komisi V DPR RI Lasmi Indaryani mengatakan, pihaknya ikut mengapresiasi keputusan pemerintah yang melarang mudik Lebaran.

“Karena dengan keputusan tersebut, minimal kita bisa menghambat rantai penyebaran virus Corona,” kata Lasmi Indaryani, Sabtu (27/3/2021).

Dia mengingatkan itu setelah pemerintah mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2021 melalui Menko PMK Muhadjir Effendy. Menurut dia larangan mudik kali ini jangan sampai implementasinya seperti saat Lebaran Idul Fitri 2020.

”Agar masyarakat patuh. Maka pemerintah harus membuat regulasi yang jelas dan menerapkannya secara tegas dan konsisten,” ujarnya.

Menurut Lasmi, jajaran pemerintahan pun harus senada dalam mem­berikan penjelasan kepa­da masyarakat. Dia mengingatkan jangan sampai ada kebijakan-kebijakan menteri yang tidak segaris dengan kebijakan pemerintah.

”Semua jajaran juga harus satu bahasa dan tindakan,” ucap Lasmi menegaskan.
Larangan mudik, menurut dia, harus diterapkan tegas untuk semua moda trans­portasi, termasuk pesawat, kapal, dan kereta api, sehingga tujuan larangan mudik untuk mencegah ter­jadinya potensi pergerakan dan penularan virus pada masa Lebaran benar-benar terealisasi.

”Jadi menurut saya, kunci keberhasilan larangan mudik adalah regulasi yang jelas dan tegas serta penerapan di lapangan yang konsisten dan adil,” ujarnya. (khf/fin)

Be the first to comment on "Pemerintah Harus Senada Soal Larangan Mudik"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: