BPNT Maret Telat Tersalurkan

ARAHAN. Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengarahkan salah seorang pedagang di Pasar Muktisari Langensari, Jumat (26/3/2021).

BANJAR – Penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk Maret masih mandeg. Kendalanya, pemerintah pusat masih melakukan perbaikan data jumlah penerima manfaat. Pada kondisi normal, penyaluran bantuan dilakukan setiap awal bulan.

“Ada perbaikan jumlah data KPM oleh pemerintah pusat, sehingga belum bisa disalurkan untuk bantuannya,” kata Koordinator Daerah Bantuan Sosial Pangan Kota Banjar Yuli Yulaeha, Jumat (26/3/2021).

Bantuan berupa uang yang ditransfer langsung ke rekening penerima manfaat. Kemudian para penerima harus menukarkannya dengan bahan pokok seperti beras premium 10 kilogram (kg), telur 1 kg, daging ayam 0,5 kg, buah 0,5 kg, kacang tanah 0,35 gram, kacang hijau 0,35 gram, dan tempe 1 papan.

Sementara untuk jumlah penerima manfaat pada Januari dan Februari berjumlah 9.483 KPM. Jumlah itu berkurang 1.378 KPM dibanding tahun lalu sebanyak 10.861. Pengurangan terjadi lantaran banyak data yang terdaftar tumpang tindih, kemudian data penerima juga double.

Jumlah penerima pada Maret juga diprediksi akan mengalami penurunan. Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Banjar Ina Rosdinar mengatakan, jumlah penerima BPNT Maret sebanyak 2.267 KPM. Jumlahnya menurun dari bulan sebelumnya. “Rencana penyaluran BPNT sembako Insya Allah akan disalurkan hari Selasa tanggal 30 Maret 2021,” ungkap Ina.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Banjar Suryamah mengatakan setiap KPM akan menerima bantuan sebesar Rp 200 ribu, namun dalam bentuk sembako yang terdiri dari unsur karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin dan mineral.
“Nanti penerima bantuan melakukan transaksi di e-warong. Bantuannya setiap bulan selama satu tahun,” kata dia. (cep)

Be the first to comment on "BPNT Maret Telat Tersalurkan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: