Pemkab Ciamis Sudah Memiliki Kamera CCTV Lalu Lintas

Tilang Elektronik Disiapkan

Sarana prasarana kamera CCTV terpasang di Jalan Raya Imbanagara Ciamis yang bisa digunakan sebagai penunjang tilang elektronik atau ETLE, Kamis (25/3/2021).

CIAMIS – Satuan Lantas Polres Ciamis sedang menyiapkan tilang elektronik atau biasa disebut Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Hal itu diungkapkan Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo kepada Radar, Kamis (25/3/2021).

Kata dia, memang Kabupaten Ciamis belum memberlakukan tilang elektronik, karena di Jawa Barat baru beberapa daerah saja yang memberlakukannya. Namun, semuanya harus dipersipakan, sehingga ketika diberlakukan bisa langsung diterapkan di Ciamis.

“Bahkan Ciamis termasuk daerah yang mumpuni untuk menerapkan ETLE. Ada lima kamera di sepanjang jalan nasional atau Jalur Selatan Jawa Barat yang siap dipasang alat tilang elektronik,” katanya.

Lanjut dia, lima kamera tersebut di antaranya di Kecamatan Sindangkasih, Ciamis, Alun-Alun Ciamis, Simpang Cisaga dan Simpang Bojong. Bahkan di jalan nasional juga dan persimpangan jalan protokol telah terdapat kamera milik Pemkab Ciamis. Sehingga sudah sangat representatif untuk memberlakukan tilang elektronik.

“Sekarang ETLE mulai diterapkan. Makanya dari Satlantas Polres Ciamis tentu langsung melakukan persiapan, mulai dari menyiapkan personel, back office dan sarana lainnya. Semua kamera yang ada di Kabupaten Ciamis sudah bagus dan tinggal dipasang alatnya,” kata dia.

“Sekarang kami masih menunggu dari Polda Jabar untuk penerapan ETLE tersebut, tapi yang jelas Ciamis dengan sejumlah sarananya menjadi daerah yang bisa menerapkan ETLE secepatnya,” ujarnya, menambahkan.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya akan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan perusahaan ekspedisi. Hal itu dilakukan untuk mengirimkan surat tilang ke tempat pelanggar yang diketahui dari ETLE. Pemasangan ETLE ini juga mencegah praktik-praktik yang tidak terpuji, maka tidak lagi tilang di tempat tapi secara elektronik.

“Kami bisa memastikan waktu penerapan ETLE di Ciamis pada akhir tahun atau awal tahun, kami  menunggu kebijakan dari Polda Jabar,” tuntasnya. (isr)

Be the first to comment on "Tilang Elektronik Disiapkan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: