SLB Bentuk Siswa Istimewa Unggul

PRESTASI. Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya menerima prestasi non akademik.

TASIK – Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya bertekad membentuk siswa berkebutuhan khusus yang mandiri, saleh, terampil, berjiwa seni, dan cerdas lingkungan. Arah besarnya, menyiapkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, cerdas, dan memiliki daya saing.

Wakasek Kurikulum SLBN Tamansari Yayat S, SPd mewakili Kepala SLBN Tamansari Kota H Endang Ramdon SPd mengatakan misi SLB adalah pembinaan siswa dari TK Luar Biasa (LB) hingga SMA LB, untuk terus mengembangkan potensi akademik dan non akademik walau mempunyai berkebutuhan khusus.

Bentuknya dengan menyediakan, memanfaatkan sarana, dan fasilitas pendukung yang mampu memberikan proses pembelajaran secara optimal untuk kemajuan siswa.


”Sebagai wadah pendidikan luar biasa ingin membangun insan siswa berkebutuhan khusus lebih berkualitas dan terunggul di Jawa Barat,” katanya kepada Radar, Rabu (24/3/2021).

Kemudian, sambung Yayat, untuk dapat memenuhi kebutuhan siswa istimewa ini, sekolahnya menyelenggarakan pendidikan yang menyenangkan, berkualitas dengan kondisi, melihat potensi dan kebutuhan individu dari setiap peserta didik.

SERAH TERIMA. Kepala SLBN Tamansari Kota H Endang Ramdon SPd (kedua, kiri) bersama Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dr Abur Mustikawanto (kedua, kanan) memberikan kenangan-kenangan sepatu Kabisa kepada Kepala Bidang PMA Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Ir Yesa Sarwedi Hamiseno MPd (kanan) beberapa waktu lalu.

“Kita mengusahakan dengan metode belajar lebih menyenangkan, interaktif, dan atraktif membuat siswa istimewa ini lebih terampil dan lebih mudah menguasainya,” ujarnya.

Selanjutnya, sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil prestasi belajar siswa di bidang non akademik. Sekolah memberikan ekstrakurikuler dari olah raga, keterampilan seni, kerajinan industri kreatif, dan lainnya.


“Tujuannya untuk penguatan sumber daya manusia unggul bagi siswa berkebutuhan khusus dan mewujudkan pembelajaran dengan paradigma baru,” katanya.

Ketua Resource Centre SLB Kota Tasikmalaya Rahmat Syafii menjelaskan SLB N Tamansari memiliki SDM potensial dari guru dan tenaga kependidikan dengan kualifikasi pendidikan baik. Dampaknya bisa memberikan pelayanan terbaik bagi siswa.


“Dengan begitu membawa siswa berkebutuhan khusus bisa mempunyai bakat minat. Manfaatnya bisa mempunyai prestasi di ajangnya masing-masing,” ujarnya.

Terbukti, siswa bisa menjuarai kompetisi non akademik dari tingkat provinsi hingga nasional. Diantaranya Juara 3 Pantomim tingkat Provinsi Jawa Barat 2020, juara 2 seni tari tingkat Provinsi Jawa Barat 2020, dan Juara 1 menyanyi solo tingkat Provinsi Jawa Barat 2020.

“Sedangkan siswa yang mengikuti Lomba Kreativitas Seni Nasional 2020 bisa juara 1 kategori merias wajah tingkat Provinsi Jawa Barat hingga bisa menjadi kontestan nasional,” katanya.


Selanjutnya, untuk keterampilan SLBN Tamansari mempunyai karya unggulan, diantaranya adalah sepatu Karya Luar Biasa (Kabisa). Saat ini sudah terproduksi 100 pasang sepatu.

“Sepatu Kabisa ini ke depannya bisa pasarkan di luar. Untuk sementara sedang diujicoba terlebih kalau layak di pasarkan,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "SLB Bentuk Siswa Istimewa Unggul"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: