Refocusing APBD Capai 280 Miliar

MUSRENBANG. Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menghadiri Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2022, Selasa (23/3/2021).

CIAMIS – Musrenbang Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2022 dibuka langsung oleh Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya, Selasa (23/3/2021) di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Herdiat mengatakan, musrenbang ini adalah bentuk penjabaran dari pada visi dan misi Kabupaten Ciamis. Pihaknya berharap dalam pelaksanan musrenbang kali ini seluruh unsur yang terlibat dapat betul-betul menjadikan gambaran terukur.

“Dalam pelaksanananya, prioritas pembangunan harus betul-betul yang paling prioritas, yang sesuai dengan fokus tujuan dan tentu juga harus dapat disesuaikan dengan kemampuan kita,” jelasnya.
Pihakya sampaikan kepada seluruh kepala SKPD agar betul-betul selektif, terencana, terarah, sehingga bisa mencapai visi dan misi yang kita sepakati bersama. “Untuk mencapai itu semua, tentu setiap SKPD harus betul-betul sinkron, menunjang, membantu dan terintegrasi,” terangnya.

Herdiat mengatakan, situasi dan kondisi akibat Covid-19 yang kian hari masih meningkat, sangat berpengaruh terhadap kemampuan keuangan daerah. “Akan tetapi, saya optimis kita tetap semangat dan momentum ini dapat dijadikan peluang serta kesempatan untuk kita bisa berlari lebih cepat, dalam mengejar apa yang kita telah tertinggal di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Kata dia, satu tahun lebih pandemi Covid-19 ini sangat-sangat mengganggu, baik perekonomian di mayarakat, APBD, kabupaten, provinsi maupun pusat. Tentunya, memohon maklum dan pengertian, juga kesadaran dari para pimpinan SKPD. “Sehingga di tahun 2021 berjalan ini kita terjadi refocusing anggaran dan membuat kita lelah dan pusing,” paparnya.

Herdiat memaklumi bagaimana pusingnya para pimpinan SKPD, camat, atas banyaknya perubahan APBD akibat Covid-19 ini. “Kita jangan sampai putus asa, jadikan ini kesempatan untuk membangkitkan produk-produk lokal yang ada untuk bersatu padu bangkit dari keterpurukan ini,” ujarnya, menjelaskan.

“Refocusing APBD untuk tahun ini tidak kurang dari 280 milyar dan yang menjadi prioritas adalah untuk kesehatan, keselamatan dan pemulihan ekonomi masyarakat. Intinya bapak dan ibu pimpinan SKPD harus betul-betul dapat menganggarkan anggaran yang memang berprioritas, ada integrasi dengan pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat,” katanya, menambahkan.

Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis Aef Saefuloh mengatakan, menurutnya tujuan pelaksanaan musrenbang ini untuk menyepakati prioritas pembangunan daerah. “Program kegiatan serta lokasi dalam rangka penyempurnaan RKPD Ciamis Tahun 2022,” katanya. (isr)

Be the first to comment on "Refocusing APBD Capai 280 Miliar"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: