KCD Ajak SMK Membangun Desa

SEMANGAT. Kepala Seksi Pelayanan Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dedi Suryadin SPd MPd (kiri) bersama Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum SE, Sekdisdik Jabar Drs Wahyu Mijaya SH MSi saat menghadiri program SMK Membangun Desa di SMKN Manonjaya, beberapa waktu lalu.

TASIK – Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya meminta bagi sekolah vokasi harus menerapkan Center of Excellence (CoE) atau pusat keunggulan pendidikan.

Dengan begitu, bisa sesuai dengan program Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud), satu diantaranya yaitu SMK bisa membangun desa.

Kepala Seksi Pelayanan Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya Dedi Suryadin SPd MPd menjelaskan, mewujudkan SMK sebagai pusat keunggulan, pihaknya meminta sekolah berbasis vokasi bisa memprogramkan membangun desa.

Karena program ini menjadi salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menjalankan kebijakan Revitalisasi SMK.

”SMK harus bisa menciptakan terobosan dan mewujudkan sinergi antara pemerintah desa sesuai dengan kompetensi keahliannya. Misalnya memiliki jurusan rekayasa perangkat lunak bisa membuatkan aplikasi pelayanan publik,” kata Dedi kepada Radar, Rabu (24/3/2021).

Karena ketika adanya sinergi antara SMK dengan pemerintah desa juga diharapkan bisa membuat keberadaan SMK bermanfaat untuk lingkungan terdekatnya. Mengingat mayoritas SMK di lingkungan KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya berlokasi di pedesaan.

Karena keberadaan SMK sebagai pengembangan sumber daya manusia di desa harus mampu mengembangkan potensi/kompetensi mereka.

“SMK harus berkontribusi secara langsung meningkatkan ilmu pengetahuan ataupun teknologi setiap orang di pedesaan,” ujarnya.

Sebagai contoh penguatan peran SMK dalam pembangunan pedesaan di Kabupaten Tasikmalaya, ia pun mengapresiasi kepada SMKN Manonjaya membuat program membangun desa.

Desa binaannya meliputi Desa Cibeber, Margahayu, Kalimanggis, Manonjaya, Cilangkap yang langsung disaksikan oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

“Salah satu sekolah mengaplikasikan SMK membangun desa adalah SMKN Manonjaya. Semoga bisa menguatkan gerbang desa dalam program desa juara untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir dan Batin,” katanya. (riz)

Be the first to comment on "KCD Ajak SMK Membangun Desa"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: