12 Juta UMKM Gabung di Platform Digital

KONFERENSI PERS. Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki saat memberikan keterangan pers beberapa waktu lalu.

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) mencatat, ada sekitar 12 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau sebanyak 19 persen UMKM di Indonesia masuk dalam platform digital pada awal 2021.

Meski begitu, mengatakan, ada kendala, yakni soal tingkat literasi digital yang masih relatif rendah.
”Aspek ini meliputi kemampuan UMKM untuk melek digital, seperti mengoperasikan perangkat, aplikasi, platform digital, yang tentu saja berimbas pada efektivitas dalam pemanfaatan teknologi digital,” ujarnya dalam video daring, Selasa (23/3/2021).

Di samping itu, kendala lainnya yaitu berkenaan kapasitas usaha atau berproduksi dalam skala besar dan ekonomis serta kualitas produk agar bisa bersaing dengan produk usaha besar di marketplace.

“Artinya, adaptasi teknologi oleh pelaku UMKM, baik dengan hadirnya pandemi maupun tidak merupakan sebuah keniscayaan,” kata Teten.

Sementara itu, untuk mengge­liatkan UMKM, pemerintah menerbitkan Perpres Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang atau jasa.

Aturan tersebut telah membuka peluang bagi UMKM dan koperasi mengikuti pengadaan pemerintah hingga Rp15 miliar. Jumlah itu naik 6 kali lipat dari pagu nilai pengadaan sebelumnya. (din/fin)

Be the first to comment on "12 Juta UMKM Gabung di Platform Digital"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: