Segera Dibuka Pendaftaran CPNS Lulusan SMA

ISTIMEWA PIDATO. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat berpidato dalam sebuah kegiatan beberapa waktu lalu. Rencananya, tahun ini pemerintah akan membua pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA sederajat.

JAKARTA – Pemerintah akan segera membuka pendaftaran menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 untuk lulusan SMA sederajat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan, lulusan SMA dapat mendaftar pada beberapa formasi tertentu.

Terdapat enam kementerian/lembaga yang membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA, yakni Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung dan Badan Intelijen Negara.

Kemenkumham membutuhkan 2.875 formasi penjaga tahanan, 657 formasi di keimigrasian dan 33 orang di kantor wilayah. Formasi di Kejagung terdiri dari pengawal dan pengemudi tahanan.

”Untuk (lulusan) SMA itu spesifik. Untuk sipir, penjaga tahanan atau penjaga rutan. Tidak perlu keahlian khusus,” kata Tjahjo mellaui keterangannya melalui video, Selasa (23/3/2021).

Sedangkan Kementerian Pertanian (Kementan), kata Tjahjo, membutuhkan lulusan SMK bidang peternakan untuk menjadi pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner.

”Juga SMK bidang pertanian untuk menjadi pelaksana pemula/pemula-paramedik karantina hewan, pelaksana pemula/pemula-paramedik veteriner,” ujarnya.

Sementara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membutuh lulusan SMA untuk dipekerjakan sebagai teknisi laboratorium dan teknisi pemetaan dan penggambaran.

”Untuk Badan Intelijen Negara (BIN) butuh 200 pegawai lulusan SMA untuk mengisi jabatan pranata komputer pelaksana pemula dalam formasi khusus tenaga pengamanan siber,” ujarnya. (der/fin)

Be the first to comment on "Segera Dibuka Pendaftaran CPNS Lulusan SMA"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: