Memuliakan Air untuk Kelestarian Alam

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dam Pemkab Ciamis memperingati Hari Air Dunia ke-29 di Situ Wangi Kecamatan Kawali dengan menanam pohon dan tebar benih ikan, Senin (22/3/2021).

CIAMIS – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemkab Ciamis memperingati Hari Air Dunia ke-29 di Situ Wangi Kecamatan Kawali, Senin (22/3/2021). Kegiatan tersebut diisi dengan menanam pohon dan menebar benih ikan ke danau.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dalam memperingati Hari Air Sedunia ini pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu menjunjung tinggi air. “Konsumsi yang adil ekonomis serta produktif, sehingga wilayah menjadi makmur, lingkungan aman dan lestari, air juga melimpah ruah,” katanya.

Menurut dia, dalam memuliakan air harus seiring antara kearifan masyarakat dan globalisasi. Menjaga mutu air untuk kebutuhan mahluk dan dengan memuliakan air supaya terhindar dari bencana banjir dan longsor. “Salah satunya upaya memuliakan air, minimal dengan tidak membuang sampah ke sungai, danau dan laut,” ujarnya, menjelaskan.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengatakan, kebahagiaan tersendiri Kabupaten Ciamis ditunjuk jadi tempat kegiatan peringatan Hari Air Dunia ke-29 dengan tema Valuing Water. Memang air merupakan kebutuhan pokok sumber kehidupan manusia, sehingga sudah seharusnya menjaga ketersediaan air dengan merawat lingkungan sekitar.

“Kalau melihat dari sejarah, pada zaman kerajaan seperti di Ciamis kita melihat tempat kerajaan dekat dengan sumber air. Kami mengajak kepada semua warga Tatar Galuh untuk memuliakan air dengan menjaga kelestarian alam,” tuntasnya. (isr)

Be the first to comment on "Memuliakan Air untuk Kelestarian Alam"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: