MTs Al-Fadliliyah Bahas HOTS

WORKSHOP. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Fadliliyah Darussalam Kabupaten Ciamis menggelar workshop tentang Higher Order Thinking (HOTS), Sabtu (20/3/2021).

CIAMIS – Madrasah Tsanawiah (Mts) Al-Fadliliyah Darussalam Kabupaten Ciamis menggelar workshop tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS), Sabtu (20/3) pagi di Aula Pesantren Darussalam Kabupaten Ciamis.

Kepala MTs Al-Fadliliyah Darussalam Dr H Fadlil Yani Ainusyamsi MAg mengatakan, beberapa bulan terakhir ini istilah pembuatan HOTS atau keterampilan berpikir tingkat tinggi menjadi topik perbincangan di dunia pendidikan. Ketika Kemendikbud mengeluarkan kebijakan memasukkan HOTS di Ujian Nasional 2018.

“Maka menjadi perhatian tersendiri bagi kami, terutama dalam merekayasa pola pembelajaran,” terangnya. Menurut dia, konsep tersebut mengarah pada peningkatakan berpikir tinggi peserta didik dalam mengolah daya kognitifnya. Hal itu untuk diukur dalam bentuk tes ulangan, maka dalam workshop ini dewan guru semua melakukan penyusunan soal HOTS. “Pada masa pandemi Covid-19 ini dituntut untuk memodifikasi pola pembelajaranya,” paparnya.

Menurut dia, dengan memperhatikan kesiapan guru dan murid, maka harus tetap siap serta semangat dalam belajar. Keutuhan mentalitas, keteguhan visioner, kesungguhan amal atau kesungguhan pekerjaan juga harus dilaksanakan dengan baik.

“Jadi semua itu harus benar-benar siap dilakukan,” ujarnya. Wakil Kepala Sekolah MTs Al-Fadliliyah Darussalam Kabupaten Ciamis, Dr Hj Chusna Arifah menambahkan, dalam penyusunan soal harus tetap mengacu kepada validitas HOTS. Tentu dilihat dari materi, konstruksi dan bahasa. Sehingga butir soal yang diberikan kepada para siswa dapat dipertanggungjawabkan secara akademis tentunya.

“Hal terpenting adalah proses pembelajaran di sekolahnya harus sesuai dengan standar pendidikan nasional. Pasalnya, tantangan ke depannya bagi lembaga pendidikan sangatlah tinggi sekali,” ujarnya.

“Sekolah harus ada strategi khusus, sehingga pendidikan dapat bersaing dengan sekolah-sekolah yang lainya,” pungkasnya. (isr)

Be the first to comment on "MTs Al-Fadliliyah Bahas HOTS"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: