Polda Metro Pasang 41 Kamera Tilang Tambahan

Komisaris Besar Sambodo ­Purnomo Yogo Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya

JAKARTA – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan, terdapat 41 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) baru di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Beberapa titik baru yang kini dipasangi kamera yang memantau pelanggaran lalu lintas itu ditempatkan di daerah penyangga Jakarta, jalan arteri ibu kota, jalur busway, hingga jalan tol.

“Sudah ada 57 kamera saat ini ditambah 41 kamera yang nanti akan di-launching bersama 12 Polda lainnya di ETLE nasional,” kata Sambodo di Jakarta, Sabtu (20/3/2021).

Sambodo menjelaskan, terdapat empat jenis kamera yang digunakan oleh kepolisian saat ini untuk memantau pelanggaran yang terjadi di arus lalu lintas.

“Empat kamera itu bisa memotret pelanggaran terhadap marka jalan, tindakan pengendara yang menyalahi aturan ganjil genap, penerobosan jalur busway, batas kecepatan, hingga truk yang melebihi kapasitas,” kata dia menjelaskan.

Setelah pelanggar terpotret oleh kamera, kata Sambodo, maka hal tersebut akan langsung tercatat di pusat data kepolisian lalu lintas. Polisi akan memverifikasi pelanggaran itu.

“Apabila cocok antara data foto dan data kendaraan, dalam waktu 7 hari yang bersangkutan harus melakukan konfirmasi baik melalui website atau telepon atau datang ke posko.

Kalau yang bersangkutan tidak melakukan konfirmasi dalam 7 hari maka STNK akan diblokir,” ujarnya. (der/fin)

Be the first to comment on "Polda Metro Pasang 41 Kamera Tilang Tambahan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: