Jaga Kelestarian Sumber Mata Air

Paguyuban Peduli Alam dan Lingkungan Galuh Asri Kabupaten Ciamis membersihkan sungai dalam rangka peringati Hari Air Sedunia, Minggu (21/3/2021).

CIAMIS – Paguyuban Peduli Alam dan Lingkungan Galuh Asri (Pedal Gas) Kabupaten Ciamis memperingati Hari Air Sedunia dengan membersihkan sungai dari sampah, Minggu (21/3/2021).

Ketua Umum Pedal Gas Kabupaten Ciamis Noer JM mengatakan, dalam peringatan Hari Air Sedunia ini dilaksanakan berbagai kegiatan tentang kepedulian lingkungan. Mulai dari menanam pohon dan membersihkan Sungai Cileueur dari berbagai sampah yang menumpuk. “Kami sangat cinta dengan air yang melimpah, karena kalau tidak ada air, kehidupan masyarakat sengsara,” ujarnya, menjelaskan.

Menurut dia, air merupakan sumber daya alam yang penting bagi hajat semua mahluk hidup. Sumber mata air, sungai maupun  lautan adalah sumber kehidupan. Peringatan Hari Air Sedunia merupakan bentuk penyadaran kepada masyarakat dan semua pihak bahwa betapa pentingnya keberadaan air bersih.

“Maka kami mengajak kepada semuanya untuk selalu menjaga sumber mata air, jangan merusaknya, karena kalau sudah rusak air secara perlahan menghilang,” ucapnya.

Seperti diketahui, sumber mata air di Ciamis salah satunya adalah Gunung Sawal. Maka dari itu, semuanya harus terlibat dalam menjaga kelestarian Gunung Sawal untuk cadangan air masyarakat Ciamis.

“Jangan sekali-kali merusak atau menebang pepohonanya. Karena pohon itu sebagai penampung air hujan yang nanti saat musim kemarau manusia bisa menikmatinya,” ujarnya. (isr)

Be the first to comment on "Jaga Kelestarian Sumber Mata Air"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: