Pemdes Cikunir Ingatkan Warga Menerapkan Prokes

BERIKAN MASKER. Petugas gabungan memberikan masker saat Operasi Yustisi di Desa Cikunir, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (18/3/2021).

SINGAPARNA – Pemerintah Desa Cikunir Kecamatan Singa­par­na Kabupaten Tasikmalaya menye­lenggarakan kegiatan wajib masker bagi masyarakatnya. Itu guna menekan angka penyebaran virus Covid-19.

Sekitar pukul 08.00, aksi operasi masker tersebut digelar dengan melibatkan Babinsa, Babinkamtibmas, kepala desa, sejumlah perangkat desa, puskesmas, Pol PP dan linmas. Operasi dilakukan terhadap masyarakat dan pengguna jalan baik roda dua atau roda empat.

Kepala Desa Cikunir H Ibin Arifin mengungkapkan, Operasi Yustisi yang dilakukan saat ini untuk mengingatkan kembali bahwa penyebaran Covid-19 karena masih banyak masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya yang terpapar. Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu memakai masker guna menjaga kesehatan diri.

”Tadi kurang lebih terdapat sebanyak 40 orang terjaring pada Operasi Yustisi ini, masih banyak yang belum sadar untuk memakai masker.

Maka dari itu, dengan adanya kegiatan ini masyarakat sadar memakai masker untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya kepada Radar, Kamis (18/3/2021).

H Ibin mengatakan, Operasi Yustisi dilaksanakan di Kampung Margamulya dan Anggaraja. Ini merupakan kegiatan yang ke dua kalinya dan rencana akan dilaksanakan secara rutin.

Adapun pelanggaran yang ditemukan selama Operasi Yustisi, kata dia, yaitu kebanyakan masyarakat tidak memakai masker sama sekali.

Ada juga yang membawa masker, namun tidak digunakan, ada juga yang menggunakan masker tapi tidak menutupi hidungnya.

Petugas langsung sigap memberhentikan dan menegur sambil mengingatkan terkait bahaya Covid-19. Lalu yang tidak membawa masker langsung diberikan masker kepada pengendara tersebut, sedangkan bagi pria dewasa yang tidak menggunakan masker disanksi push up.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan peringatan dan efek jera bagi masyarakat sehingga mau menggunakan masker demi memutus penyebaran Covid-19,” ujar dia.

Camat Singaparna Kusnanto SSos mengatakan, Operasi Yustisi merupakan antisipasi dan upaya nyata memutus penyebaran pandemi Covid-19.

Pemberian sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan, ujarnya, agar masyarakat paham menjaga prokes di masa pandemi.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, butuh peran serta dan kesadaran langsung dari semua elemen masyarakat.

Salah satunya dengan tertib menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah,” kata dia.
Maman (45), salah satu pengendara motor mengaku lupa menggunakan masker saat ke luar rumah.

Ke depan ia berjanji kepada pihak petugas tidak akan mengulanginya lagi.

“Lupa pak, tadi saya buru-buru jadi ketinggalan maskernya. Terima kasih sudah diingatkan,” kata dia. (obi)

Be the first to comment on "Pemdes Cikunir Ingatkan Warga Menerapkan Prokes"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: