Operasi Serentak Tekankan Kedisiplinan

OPERASI YUSTISI. Aparat gabungan memeriksa pengendara pada Operasi Yustisi di wilayah hukum Polsek Cigugur Kabupaten Pangandaran, Senin (15/3/2021).

PANGANDARAN – Polsek Cigugur Kabupaten Pangandaran dan Polsek Rajadesa Kabupaten Ciamis melaksanakan Operasi Yustisi penegakan kedisiplinan menggunakan masker di wilayah hukumnya masing-masing pada Senin (15/3/2021).

Di Kecamatan Cigugur, operasi tersebut dilaksanakan di wilayah Pasar Cimindi, Jalan Jurago Cimindi Dusun Cibiru, Warung Cimindi, dan minimarket Cimindi.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, SIK, MSi, mengatakan, Ope­rasi Yustisi dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kesa­daran warga agar patuh dan taat menggunakan masker saat beraktivitas di masa pandemi Covid-19. Penggunaan masker salah satu upaya bersama agar terhindar dari paparan virus corona.

“Operasi Yustisi kali ini sebanyak 9 warga yang melintas di wilayah Kecamatan Cigugur diberikan tindakan langsung berupa teguran lisan dan tertulis.

Mereka diberikan teguran karena tidak membawa dan menggunakan masker secara benar,” kata AKBP Hendria.

Selain penindakan langsung, kata AKBP Hendria, anggota juga menyam­paikan imbauan dan edukasi tentang protokol kesehatan. Warga diingatkan selalu mematuhi 5M: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan.

“Dengan disiplin menerapkan dan memedomani protokol kesehatan, menjadi salah satu upaya kita bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” tuturnya.

AKBP Hendria menambahkan, selama Operasi Yustisi, petugas me­medomani protokol kesehatan. Penindakan kepada warga dilak­sanakan dengan tidak membuat kerumunan dan setiap anggota menggunakan masker.

Sementara itu, Polsek Rajadesa bersama petugas Posko Penanganan Covid-19 Desa Andapraja melak­sana­kan Operasi Yustisi secara stasioner.

Operasi digelar di depan Kantor Desa Andapraja yang merupakan ope­rasi serentak di wilayah hukum Polres Ciamis seiring diber­lakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Dalam kegiatan tersebut, masya­rakat ditekankan untuk meng­gunakan masker saat keluar rumah. Jika tidak warga akan diberikan sanksi sosial dan fisik.

Di hari yang sama, Polres Ciamis juga membagikan masker dan hand sanitizer di wilayah hukumnya. Kegiatan tersebut melibatkan unsur TNI dan Satpol PP.

AKBP Hendria menjelaskan pem­berian masker dan hand sanitizer itu sebagai bentuk kepedulian Polri dan TNI serta pemerintah kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19. “Sebanyak 300 masker kita bagikan di sejumlah titik keramaian di Kabupaten Ciamis, di antaranya Alun-Alun Ciamis, per­to­koan di Alun Alun Ciamis, Taman Raflesia, Masjid Agung, Toko Hejo Ciamis, Kantor Pos dan Alfamart Alun-Alun Ciamis dan Apotek Rahayu Ciamis,” kata Kapolres Ciamis.

“Kami juga membagikan 2.700 mas­ker yang dilaksanakan di polsek jajaran Polres Ciamis yang tersebar di dua kabupaten, Kabupaten Pangan­daran dan Kabupaten Ciamis.

Selain itu juga sebanyak 75 hand sanitizer kami bagikan kepada warga di sejumlah titik keramaian di Kabupaten Ciamis,” tambahnya.

Sebelumnya, pada Minggu (14/3/2021), Operasi Yustisi juga dilak­sanakan secara mobile di kawasan objek wisata Pantai Pangan­dar­an.

Sebanyak 24 personel yang terdiri dari delapan personel Polres Ciamis, enam anggota TNI, dan 10 petugas Satpol PP Kabupaten Pangandaran.

Adapun kawasan yang menjadi lokasi kegiatan di antaranya Bunderan Ikan Marlin, gerbang objek wisata Pangandaran, Jalan Parapat, Sunrise Pantai Timur Pangandaran, dan Jalan Pantai Timur serta Barat Pangandaran. Operasi menyasar siapa saja yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana, SIK, MSi, menerangkan selama operasi, petugas gabungan menindak pelanggar protokol kesehatan.

Sebanyak 28 diberikan tindakan dengan teguran karena tidak menggunakan masker secara baik dan benar.

Selain itu juga ada pembagian 150 masker kepada warga masyarakat di sekitar kawasan objek wisata Pantai Pangandaran. (isr/rls)

Be the first to comment on "Operasi Serentak Tekankan Kedisiplinan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: