Pelatihan Penyelamatan Korban Kecelakaan Laut

PELATIHAN. Pol Air Polres Ciamis melaksanakan pembinaan kepada anggota SAR Barakuda Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jumat (5/3/2021).

PANGANDARAN – Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto melaksanakan pembinaan kepada anggota SAR Barakuda Pangandaran.

Pembinaan ini dilaksanakan di kawasan Pantai Timur Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jumat (5/3/2021).

Pembinaan pelatihan dasar pertolongan pertama ini diikuti oleh 60 anggota SAR Barakuda.

Selain itu turut hadir anggota TNI AL Pos AL Pangandaran dan Basarnas Pangandaran selaku koordinator SAR.

Pada kesempatan tersebut, Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, search and rescue (SAR) yakni usaha untuk melakukan pencarian pertolongan dan penyelamatan terhadap keadaan darurat yang dialami baik manusia maupun harta benda yang berharga lainnya.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa di situasi dan kondisi apapun fungsi penyelamatan sangatlah penting bagi anggota SAR Barakuda, baik untuk memperdalam fungsi SAR darat,” kata dia.

“Bagaimana mau menolong orang lain sedangkan ia tidak tahu caranya, untuk itu manfaatkan waktu tiga hari ini untuk menambah bekal ilmu dan skillnya,” ujarnya.

AKP Sugianto menambahkan, pelatihan pertolongan dasar SAR Barakuda dilaksanakan secara rutin setiap bulan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota/personil SAR Barakuda dalam melaksanakan SAR juga untuk membangun komunikasi dan koordinasi unsur SAR di Kabupaten Pangandaran.

“Pelaksanaan kegiatan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan. Setiap peserta diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak sosial tiap peserta. Ini dimaksudkan agar mencegah penyebaran virus corona,” ujarnya. (isr)

Be the first to comment on "Pelatihan Penyelamatan Korban Kecelakaan Laut"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: