SMAN 7 Konsisten Cetak Prestasi hingga Nasional

PEMBERIAN APRESIASI. Kepala SMAN 7 Tasikmalaya Dra Elin Yuliani MPd (kiri) memberikan sertifikat dan trofi kepada siswa yang berprestasi.

TASIK – SMAN 7 Tasikmalaya terus membangun kebiasaan yang mendukung prestasi siswa, walaupun di masa pandemi Covid-19. Tujuannya agar menjadi sekolah yang unggulan.

Kepala SMAN 7 Tasikmalaya Dra Elin Yuliani MPd mengatakan di masa pandemi Covid-19 ini, sekolahnya terus berupaya mendapatkan prestasi.

Dengan cara memberikan ruang-ruang kompetisi agar bisa menggali potensinya mereka.

”Kita di masa pandemi sudah mengadakan kegiatan Olimpiade Sains Sekolah, untuk 11 mata pelajaran dan juga lomba cepat tepat tentang Hak Asasi Manusia dengan dilakukan lomba daring,” katanya kepada Radar, Rabu (3/2/2021).

Dari gambaran kompetisi yang diadakan sekolah tersebut, pihaknya mengetahui tentang kemampuan dan kecerdasan siswa.

Dengan begitu bisa melakukan usaha untuk mempelajari kegagalan dan dapat menemukan bakat mereka.

“Hasil olimpiade tersebut sebanyak 32 orang yang mendapatkan piagam dan trofi dari Olimpiade Sains Sekolah tersebut.

Tujuannya agar siswa mendapatkan prestasi, sehingga SMAN 10 pun bisa menjadi unggulan,” kata dia.

 

STERILISASI SEKOLAH. Kepala SMAN 7 Tasikmalaya Dra Elin Yuliani MPd (kiri) melakukan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Dia pun mempersilahkan kepada guru atau siswa mencari peluang prestasi di luar. Semua itu, yang terpenting mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Hasilnya bersyukur, kita berhasil men­dapat­kan juara 1 lomba Cerita Pengalaman Pembelajaran Fisika (CPPF) tingkat nasional dari Siti Aura Dita, juara 1 Lomba Vlog Pembelajaran Fisika tingkatkan nasional dari Fitri Farqiah, Rizal Fadilah, dan Ade Ilham,” kata dia, bangga.

“Serta mendapatkan juara 3 dari Lomba Vlog Pembelajaran Fisika tingkat nasional dari Hamzah Adiansyah dan Lena Nurlatifah bertempat di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta,” ujarnya menambahkan.

Selain mengejar prestasi, sekolahnya terus berupaya meningkatkan penghijauan. Hal itu, membentuk penerapan gerakan sekolah semakin rindang dan asri.

“Dengan sekolah melakukan penghijauan menanam pohon hias di setiap depan dan sudut-sudut kelas dapat memberikan kesan indah,” kayanya.

Lalu, guru-guru sekolahnya pun menyalurkan benih tanaman sebagai gerakan tanam dan peliharaan pohon di lahan kritis se-kabupaten/kota di Jawa Barat untuk ke Kantor Wilayah Dinas Kehutanan.

 

SERAH TERIMA. Kepala SMAN 7 Tasikmalaya Dra Elin Yuliani MPd (kanan) memberikan tanaman pohon kepada Dinas Perhutani sebagai gerakan penghijauan.

“Gerakan tersebut, wujudkan sebagai penghijauan untuk pencegahan banjir,” ujarnya.

Selain itu, yang berkaitan dengan pandemi pencegahan Covid-19, sekolahnya melaksanakan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Caranya dengan senam kebugaran rutin setiap Jumat, penyemprot disinfektan, perbaikan sanitasi, serta pembagian dan disiplin menggunakan masker,” katanya.

Pembimbing Lomba Fisika SMAN 6 Tasikmalaya, Asep Budi Setiawan SSi menjelaskan agar siswa tetap memiliki prestasi akademik, ia memberikan fasilitas ekstrakurikuler Kelompok Ilmuwan Remaja (KIR).

Di situ lah secara rutin siswa selalu berlatih secara daring dan luring seminggu sekali.

Sedangkan, ketika ada lomba frekuensi latihannya ditambah menjadi 2-3 kali dalam seminggu. Biasanya ia memberikan berupa konsultasi dan bimbingan baik secara luring ataupun daring via WhatsApp.

 

“Kita harus tetap belajar dan berlatih untuk meraih prestasi di bidang akademik, sebagai bekal untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang dicita-citakan,” ujarnya.

Wujud prestasi itu juga menyukseskan visi dan misi sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik.

“Hasilnya siswa kami bisa menjadi tingkat nasional menjadi juara 1 vlog tentang Pancaran Sinar Matahari dan juara 3 vlog tentang Fisika Kuantum.

Sedangkan untuk juara 1 lomba cerita yang judulnya Menemukan Oasis di Masa Kritis dengan Cerdik Berfisika,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "SMAN 7 Konsisten Cetak Prestasi hingga Nasional"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: