Monitoring Kampung Tangguh Lodaya

MEMANTAU. Polres Ciamis dan tim gabungan saat memantau Kampung Tangguh Lodaya yang ditinjau berada di Dusun Sindanghayu RT 17 RW 04, Desa Sindanghayu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Senin (1/3/2021).

CIAMIS – Personel Polsek Banjarsari Polres Ciamis melaksanakan monitoring dan pengecekan sekaligus sosialisasi di Kampung Tangguh Lodaya Polres Ciamis.

Kampung Tangguh Lodaya yang ditinjau berada di Dusun Sindanghayu RT 17 RW 04, Desa Sindanghayu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Senin (1/3/2021).

Kapolsek Banjarsari Kompol Badri mengatakan, monitoring ini dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Sindanghayu Aipda Arman untuk melihat beberapa ketangguhan yang ada di Kampung Tangguh Lodaya Desa Sindanghayu. Mulai dari aktifitas bidang ekonomi, kesehatan hingga keamanan.

”Di bidang ekonomi di sini ada ketersediaan pangan berupa padi, UMKM Pembuatan Tahu, Kerajinan Sapu Tali, Budidaya Gurame, Hasil bumi dan perkebunan.

Sementara untuk bidang kesehatan posko Covid-19 tingkat desa hingga dusun, tersedianya rumah isolasi untuk warga desa yang terpapar Covid-19 ataupun pendatang dari zona merah serta tersedianya sarana prasaranan cuci tangan yang diletakkan di tempat strategis,” katanya.

Sedangkan untuk keamanan, kata Kompol Badri, Aipda Arman melihat di Desa Sindanghayu sinergi tiga pilar tinggat desa, Bhabinkamtibmas, Pemerintah Desa, dan Babinsa. Mereka berjalan maksimal dan baik. Termasuk, tersedianya poskamling di masing-masing RT.

”Kami sangat apresiasi, inisiatif warga yang ikut serta membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Dengan cara mengajak warganya melaksanakan ketahanan pangan dan menerapkan protokol kesehatan hingga menyediakan ruang isolasi mandiri pasien terpapar Covid-19 serta menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, lanjut Kompol Badri, anggota tetap selalu mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan selalu menggunakan masker selama kegiatan.

Selain itu, Kompol Badri menuturkan, anggota juga mengajak masyarakat untuk menerapkan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan menghindari kerumunan.

”Itu semua wajib dilaksanakan guna membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya menandaskan. (isr)

Be the first to comment on "Monitoring Kampung Tangguh Lodaya"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: