Organisasi Mahasiswa Mendukung Visi Unsil

PELANTIKAN. Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya melantikan pengurus Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Masa Bakti Tahun 2021 dengan daring dan luring, Jumat (19/2/2021).

Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya melantik pengurus Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Masa Bakti Tahun 2021 dengan daring dan luring, Jumat (19/2/2021).

Pelantikan tersebut bertema Kegiatan Kemahasiswaan yang Tertib Waktu dan Tempat untuk Menuju Prestasi yang Terukur.

Berdasarkan lampiran Keputusan Rektor Unsil Tasikmalaya nomor 142/UN-58/PM/2021 tentang susunan pengurus Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) masa Bakti Tahun 2021.

Pihak rektorat melantik kepengurusan BLM Unsil Tasikmalaya periode 2021. Adapun Ketua BLM Unsil M Fauzi Abdullah, sedangkan Ketua Umum BEM Unsil Tasikmalaya periode 2021 adalah Gilang Gustiawan.

Rektor Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Rudi Priyadi, Ir, MS mengatakan sikapilah dengan penuh kesyukuran karena mahasiswa yang menjadi aktivis atau organisasi kemahasiswaan harus siap bekerja maksimal.

Hal ini karena menjadi bekal mahasiswa memasuki terjun di masyarakat atau dunia kerja nantinya.

“Karena organisasi kemahasiswaan adalah laboratorium dunia nyata merupakan dunia nyata setelah sudah menyelesaikan studinya,” kata dia kepada Radar, Kamis (25/2/2021).

Organisasi kemahasiswaan ini, kata Prof Rudi, sebagai proses pembelajaran berbasis pengalaman yang sangat berguna untuk mahasiswa.

Wujud tersebut, Unsil mempunyai kebijakan menumbuhkembangkan kemandirian pengelolaan organisasi kemahasiswaan.

MENGHADIRI PELANTIKAN. Rektor Unsil Tasikmalaya Prof Dr H Rudi Priyadi, Ir, MS saat menghadiri pelantikan pengurus Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Masa Bakti Tahun 2021 dengan daring dan luring, Jumat (19/2/2021).

“Unsil berkomitmen untuk memfasilitasi tumbuh kembangnya berbagai aktivitas kemahasiswaan yang mampu menunjang prestasi akademis,” ujarnya.

Aktivitas Kemahasiswaan ini, dapat di bidang seni, olahraga, ataupun kelompok unit kegiatan mahasiswa lainnya.

“Sesuai visi Unsil Tasikmalaya agar kegiatan ekstrakurikuler bisa mengembangkan kepemimpinan sehingga bisa berkolaborasi dan tumbuhan jiwa kewirausahaan,” kata dia.

Lalu, mahasiswa juga agar melatih mindset berlatih di kampus dapat merintis mitra atau menambah jaringan sehingga bisa berdaya saing.

“Amanah emban ini pertanggungjawaban dunia dan akhirat. Jagalah kepercayaan dan selamat bekerja dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Mengingatkan yang sudah dilantik sebagai pengurus BLM atau BEM Unsil Tasikmalaya tahun ini, bahwa dengan sumpah selaku organisasi internal kampus harus setia dan memperhatikan tri dharma perguruan tinggi dan peraturan yang berlaku di sini. Dengan demikian, bisa menjujung tinggi kehormatan dan organisasi di Unsil Tasikmalaya

“Oleh karenanya tugas yang dipercayakan oleh BEM atau BLM harus penuh pengabdian, kesadaran, jujur, tertib, semangat, dan bertanggung jawab.

Tentunya mengutamakan kepentingan Unsil Tasikmalaya dan organisasi daripada kepentingan pribadi atau golongan,” katanya.

Pertegas kembali, mahasiswa tidak boleh menyelenggarakan kegiatan rutin di malam hari di kampus, mahasiswa tidak boleh menetap/menginap di lingkungan kampus.

“Organisasi mahasiswa harus mematuhi hal-hal yang sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada di kampus,” ujarnya.


Ketua Umum BLM Unsil Tasikmalaya M Fauzi Abdullah menyampaikan pelantikan ini, merupakan awal langkah organisasi mahasiswa untuk mengembangkan amanah dan melaksanakan tugas sesuai dengan kewenangan.

“Kita bisa bersinergi agar Unsil lebih baik lagi sehingga berharap setelah resmi dilantik harus amanah dan tanggung jawab,” katanya.

Ia pun percaya, dengan menjadi pengurus organisasi mahasiswa bisa sebagai pembelajaran atau laboratorium sesungguhnya untuk terjun di masyarakat.

Dengan pengalaman ini, menjadikan pemuda hebat karena tidak semua mendapatkan kesempatan menjadi organisasi mahasiswa.

“Pemuda-pemuda yang sudah terlatih ini semoga nantinya sebagai ujung tombak untuk perubahan bangsa ini,” ujarnya. (riz)

Be the first to comment on "Organisasi Mahasiswa Mendukung Visi Unsil"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: