Pedagang Kewalahan Cari Gas

TAWANG – Masyarakat khususnya para pedagang sudah sepekan ini kesulitan mendapatkan gas elpiji 3kg.

Mereka harus berkeliling untuk mendapatkan “si tabung melon” itu meskipun dengan harga yang relatif lebih mahal.

Seperti halnya diakui Aso (58), pedagang jajanan makroni di kawasan Dadaha yang mengaku sudah sekitar 5 hari sulit mendapatkan gas.

Perlu usaha keras mencari penjual gas yang masih memiliki persediaan. “Sekarang lumayan susah,” ujarnya kepada Radar, Rabu (10/3/2021).

Hal ini, tentunya membuat aktivitas dagangnya terganggu mengingat gas menjadi kebutuhan pokok. Karena mencari gas memakan perlu waktu yang tidak sedikit.

“Akhirnya minta tolong buat nyari gas ke orang lain, tentu jadi ada biaya tambahan,” katanya.

Warga Bungursari itu berharap ketersediaan gas elpiji 3kg bisa segera normal demi kelangsungan usaha para pedagang kecil.

Di masa pandemi di mana ekonomi sulit, kelangkaan gas tentu semakin membuat pedagang kecil tercekik. “Kalau gak dapat gas, gimana mau jualan,” ujar menerangkan.

Hal serupa diungkapkan juga Yosep Rustendi (48), pedagang jajanan dari olahan sosis, dia mengaku kesulitan mencari gas.

Dia sampai harus mengorbankan kebutuhan gas di rumahnya agar bisa tetap berdagang. “Soalnya tadi belum dapat, terpaksa ngambil yang dari dapur,” katanya.

Beberapa hari sebelumnya, dia masih bisa mendapatkan gas meskipun harus berkeliling jauh. Warga seputaran Dadaha itu baru menemukannya di wilayah Campakawarna Kecamatan Cihideung. “Ya karena buat pedagang gas itu harus ada,” tuturnya.

Diakuinya, kelangkaan ini membuat harga elpiji menjadi naik, sampai Rp 25.000. Namun mau tidak mau harus dia beli dari pada harus berhenti berdagang. “Bahkan saya dengar ada yang di atas Rp 25.000,” katanya.

Kelangkaan gas 3kg ini, juga dikeluhkan ibu rumah tangga yang tentunya berurusan dengan dapur. Seperti halnya Hesti Pujiastuti (32), warga Condong.

Dia pun akhirnya berhenti memasak dan memilih membeli kebutuhan makan di luar. “Dari pada susah nyari di luar, mending beli lauk-pauk di luar saja,”  ujarnya singkat. (rga)

Be the first to comment on "Pedagang Kewalahan Cari Gas"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: