SMAN 1 Singaparna Terus Meraih Juara Umum Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

SERAHKAN TROFI. Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Singaparna Sopyan, SPd, MMPd menyerahkan trofi berprestasi cabang olahraga voli, beberapa waktu lalu.

TASIK – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Singaparna berkomitmen mewujudkan lulusan yang cerdas, terampil, beriman, bertakwa, dan memiliki keunggulan kompetitif di era globalisasi.

Kepala SMAN 1 Singaparna Drs H Dudus Dustiana, MM mengatakan sekolahnya dalam pembelajaran mengarah pada pembentukan pribadi mandiri, kreatif, dan menyenangkan.

Hal itu mengarah agar siswa unggul dalam prestasi berdasarkan iman, takwa, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi secara profesional.

”Tujuannya untuk mewujudkan kompetensi siswa yang mampu bersaing di era global,” katanya kepada Radar, Rabu (3/2/2021).

SMAN 1 Singaparna terus memberikan layanan prima kepada siswa untuk meningkatkan kualitas akademik dan non-akademik.

“Guru-guru di sini dalam melaksanakan program pembelajaran sudah melakukan lebih menarik dan sesuai pembelajaran abad 21,” ujarnya.

Kemudian, SMAN 1 Singaparna juga melaksanakan program kompensasi atau pengganti pelajaran.

Misalnya, saat siswa sakit dan tidak mengikuti mata pelajaran, di SMAN 1 Singaparna bisa mengganti pelajaran yang ditinggalkannya. “Melatih tanggung jawab siswa untuk giat belajar,” ujarnya.


Sebelum masa pandemi Covid-19, SMAN 1 Singaparna melatih kedisiplinan siswa. Mereka membuat jadwal masuk sekolah pukul 06.45.

Jadi, pukul 06.30, siswa harus mengantre untuk bersalaman dengan guru-guru. Dilanjutkan dengan pembiasaan pembelajaran yaitu mengaji, salat duha, dan lainnya.

“Penerapan kedisiplinan yang ketat untuk sekolah ini, sehingga bisa selalu mendominasi prestasi di tingkat Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya bangga.

Terbukti capaian menggembirakan untuk akademiknya bisa meraih juara umum Kabupaten Tasikmalaya di perlombaan Kompetisi Sains Nasional (KSN).

“Tahun 2020 kita untuk KSN menjadi juara umum. Hal itu, karena mendapatkan delapan medali dari mata pelajaran; informatika, matematika, fisika, ekonomi, geografi, dan kimia,” ujarnya menjelaskan.

Selain prestasi akademik, siswa SMAN 1 Singaparna juga berprestasi di bidang non akademik. Siswa SMAN 1 Singaparna banyak yang masuk atlet pada pergelaran Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat tahun 2022.

“Seperti cabang olahraga petanque, silat, karate, selam, futsal, dan bulu tangkis,” ujarnya.

Senada, Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Singaparna Sopyan, SPd, MMPd mengatakan, pihaknya berupaya menghasilkan lulusan yang cerdas, terampil, beriman, bertakwa, dan memiliki keunggulan kompetitif di era globalisasi. “Agar siswa berprestasi sekolah terus meningkatkan pembelajaran dengan memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

SERAHKAN PENGHARGAAN. Kepala SMAN 1 Singaparna Drs H Dudus Dustiana, MM menyerahkan siswa yang berprestasi, beberapa waktu lalu.

Terbukti pencapaian prestasi siswa SMAN 1 Singaparna di 2020 sangat membanggakan. Dalam ajang Kompetisi Siswa Nasional (KSN) tingkat Kabupaten Tasikmalaya mayoritas juara dari SMAN 1 Singaparna.

Seperti juara 2 Kimia diraih Luluatul Fuadatin kelas XII MIPA 7, juara 3 KSN Kimia Adinda Firman A kelas XII MIPA 1.

“KSN Matematika juara 2 Neysa Fauziyyah A kelas XII MIPA 3, juara 1 KSN Geografi Arfan Juliandri Kelas XII MIPA 8, dan Juara 1 KSN Ekonomi Niken Putri Sagita kelas XII IPS 1,” ujarnya.

Selanjutnya, juara 1 KSN Komputer Regita Maulidya H kelas XII MIPA 5, juara 1 KSN Fisika diraih oleh Asti Farida Sufi Kelas XII MIPA 4, dan Juara 2 KSN Fisika Parhan Akbar dari Kelas XII MIPA 1.

Sedangkan prestasi untuk non akademik yaitu dalam kejuaraan Karate Nasional, Putri Sopi Elfath Navisah kelas XI MIPA 8 meraih juara 3.

“Prestasi selanjutnya juga ada dari Pra Proda Kabupaten Tasik dari cabang olahraga juara 1 selam hingga nomor 200 meter bifins diraih oleh Fitriyani Ayuni Lestari X IPS 3,” katanya.

Lulusan dari SMAN 1 Singaparna juga minimal 75% bisa diterima di perguruan tinggi negeri tanpa tes atau lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). (riz)

Be the first to comment on "SMAN 1 Singaparna Terus Meraih Juara Umum Tingkat Kabupaten Tasikmalaya"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: