Di Pasar Cikurubuk Baru Ada Sembilan Tempat Cuci Tangan

Tempat Cuci Tangan Masih Kurang

MEMBAGIKAN MASKER. Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan bersama Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno membagikan masker kepada masyarakat di Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya, Selasa (2/2/2021).

TASIK – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Cikurubuk Selasa (2/2/2021).

Sidak tersebut dipimpin Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan dan Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno.

Hasil sidak tersebut ditemukan masih banyaknya masyarakat di pasar yang tidak menggunakan masker dan masih minimnya tempat cuci tangan di setiap pintu masuk pasar.

“Secara umum untuk penerapan protokol kesehatan (prokes) sudah bagus. Hanya satu dua yang tak pakai masker,” kata Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan bersama Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno usai sidak.

“Tempat cuci tangan harus diperbanyak. Kita sidak sambil membagikan masker. Ya kita lakukan imbauan tadi pentingnya menggunakan masker saat aktivitas,” ujar Doni, menyarankan.

Dalam sidak tersebut, juga Satgas menemukan warga yang maskernya menggunakan sebo.

”Nah tadi ada juga warga yang memakai sebo. Karena bahannya tipis dan bukan untuk melindungi virus.

Jadi harus diedukasi wajib memakai masker karena masker itu diwajibkan dan tadi kita kasih masker,” kata perwira menengah ini.

Komandan Kodim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf Ary Sutrisno mengatakan, sidak tersebut untuk meyakinkan bahwa masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas di luar rumah.

”Masyarakat harus tetap waspada dan jangan abai terhadap protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan jaga jarak,” kata dia.

Dandim meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti program vaksinasi. Apalagi sebelumnya dia telah mengikuti vaksinasi.

”Vaksin Covid-19 ini betul-betul aman secara kesehatan dan halal, makanya kemarin kami ikut untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu aman,” katanya, menjelaskan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pasar Cikurubuk Udin mengatakan saat ini baru ada 9 titik tempat cuci tangan.

”Iya memang benar kalau untuk tempat cuci tangan belum banyak. Harusnya ada lah sekitar 20 titik. Nanti akan kita coba penuhi itu,” ujarnya.

Menurut dia, secara umum warga pasar sudah memahami soal taat prokes untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 tetapi pihaknya juga akan terus menerus melakukan edukasi soal ini.

”Walaupun sebelumnya sudah kami bagikan masker dan edukasi, setiap pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker saat di tanya mereka lupa dan ketinggalan di rumahnya,” kata dia. (ujg)

Be the first to comment on "Tempat Cuci Tangan Masih Kurang"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: