Sufi Training Center Membangkitkan Semangat Khidmah

BERDOA. Master Trainer Sufi Training Center, Syekh Muhammad Fathurahman, MAg memimpin doa saat melaksanakan training Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy, Cirebon beberapa waktu lalu. Foto bawah, one day training bersama Sufi Training Center.

Pengurus Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy, Cirebon mengikuti training Sufi Traning Center (STC). Tema dalam kegiatan tersebut yaitu “Spirit Khidmah”.

Training dilaksanakan selama satu hari di Gedung Sang Dwi Cahya Mulya, Pondok Kebon Jambu, Cirebon.

Pelatihan dibagi tiga sesi. Untuk sesi pertama, pemateri yaitu Ustaz Asep Deni, MPd. Dia menyampaikan materi tentang “Manajemen Khidmah”.


Menurut Ustaz Asep Deni, Islam adalah agama yang komprehensif. Semua hal terkait dengan kehidupan diatur dalam bingkai syari’at yang tertuang dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah, sehingga manusia memiliki acuan dalam menjalankan berbagai aktivitas.

“Islam sangat tertib dalam berbagai urusan bukan hanya menyangkut soal ibadah mahdhah saja tapi seluruh komponen kehidupan ada dalam aturannya,” ujarnya menjelaskan.

Manajemen khidmah adalah salah satu sistem dalam rangka membingkai pengabdian kepada Allah SWT dengan tata kelola dan tata laksana yang profesional lahir dan batin, dengan mengedepankan fungsi manajemen yang baik serta berpegang kepada prinsip manajemen Islam yang kokoh agar khidmah yang dijalankan berkualitas.

SEMANGAT. Ustaz Deden Hidayatullah SPd.I saat memandu training Sufi Training Center di Ponpes Kebon Jambu Al-Islamy, Cirebon.

Sesi kedua, materi disampaikan oleh Ustaz Adang Nurdin MS, MPd. Temanya tentang “Urgensi Khidmah”.
Menurut Ustaz Adang, seringkali reward dan punishment menjadi salah satu daya dorong setiap sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan kinerja.

“Karyawan mau bekerja karena ingin mendapatkan bonus atau takut kena sanksi bukan atas dasar kesadaran dalam diri bahwa pekerjaan ini bagian dari proses ibadah sehingga harus ikhlas semata karena Allah,” kata Ustaz Adang.

Menurut Ustaz Adang, jangan sampai saat bekerja, ketika ada pimpinan, pegawai bekerja maksimal. Padahal, seharusnya, ada ataupun tidak ada pimpinan bekerja bisa semaksimal mungkin.

“Nilai spiritualitas ini apabila sudah menjadi mindset dan karakter maka secara otomatis akan terjadi peningkatan kinerja yang sangat signifikan,” ujar Ustaz Adang.


Pada sesi terakhir, materi pelatihan disampaikan oleh Master Trainer STC, Syekh Muhammad Fathurahman, MAg.

Syekh Muhammad Fathurahman, MAg menjelaskan tentang pengenalan potensi diri. Menurut Syekh, manusia terdiri dari lima unsur yang memiliki potensi yang luar biasa apabila diaktivasi.

“Terutama unsur hati yang paling utama, dengan mengoptimalkan karunia yang telah Allah berikan kepada setiap individu akan dapat mengembangkan kemampuan diri dalam menganalisa dan mengolah segala tantangan sebagai peluang untuk menjadi hamba Allah yang sukses,” kata Syekh Muhammad Fathurahman, MAg.

Peserta pelatihan Sufi Training Center, Zaenal Mutaqien, menjelaskan, pengalamannya setelah mengikuti training.
“Saya ketika mengikuti kegiatan STC kali ini ada rasa yang beda dari diri saya karena sebelumnya ada rasa bingung tentang bagaimana khidmah kepada pesantren yang baik dan maksimal, tetapi dengan adanya training STC ini di sini kita dibukakan bahwa sebenarnya kita memiliki banyak potensi di dalam diri, sehingga dari potensi-potensi itu bisa memunculkan semangat kita untuk mengabdi kepada Agama Allah SWT,” ujarnya.

Peserta pelatihan lainnya, Ella Sulistyawati, mengatakan, dia bersyukur bisa mengikuti training sehingga kini bisa menjadi pribadi yang lebih semangat.


“Alhamdulillah saya bersyukur sekali hari ini saya mengikuti training ini karena saya menjadi pribadi yang lebih semangat lagi, lebih percaya diri lagi dan saya semakin yakin bahwa pengabdian yang sesungguhnya itu harus didasarkan dengan lillah, fillah dan billah. Saya mengucapkan terima kasih pada STC,” ujarnya.

Menurut dia, pelatihan yang dilaksanaan STC sejalan dengan visi Pondok Pesantren Kebon Jambu Al-Islamy, yakni terwujudnya manusia pandai, terampil dan berkahlakul karimah agar menjadi orang sholeh yang mulia dan beramal ikhlas.

“Semoga dengan ikhtiar pelaksanaan training ini dilaksanakan semakin tumbuh dan bangkit semangat pengabdian kepada agama Allah SWT,” ujarnya berharap. (ujg/rls)

Be the first to comment on "Sufi Training Center Membangkitkan Semangat Khidmah"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: