Untuk Mencari Petunjuk Asal Usul Virus Corona

Tim WHO Datangi Pasar Makanan Wuhan

foto-foto: Ng Han Guan / AP CEGAH JURNALIS. Seorang penjaga keamanan mencegah jurnalis mengikuti tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat mereka tiba di pasar grosir Baishazhou pada hari ketiga kunjungan lapangan di Wuhan di provinsi Hubei China tengah pada Minggu, 31 Januari 2021.

WUHAN – Tim Organisasi Kesehatan Dunia yang menyelidiki asal-usul pandemi virus corona mengunjungi pasar yang dikenal sebagai pusat distribusi makanan untuk Kota Wuhan di Tiongkok selama penguncian 76 hari tahun lalu.

Dilansir Associated Press News, pada Minggu (31/1/2021), anggota tim terlihat berjalan melewati bagian Pasar Baishazhou—salah satu pasar basah terbesar di Wuhan—dikelilingi oleh rombongan besar pejabat dan perwakilan Cina.

Para anggota, dengan keahlian di bidang dokter hewan, virologi, keamanan makanan dan epidemiologi, sejauh ini telah mengunjungi dua rumah sakit di pusat wabah awal, Rumah Sakit Jinyintan Wuhan dan Rumah Sakit Pengobatan Cina dan Barat Terpadu Hubei.

Pada Sabtu (30/1/2021), mereka juga mengunjungi pameran museum yang didedikasikan untuk sejarah awal Covid-19.

WHO yang berbasis di Jenewa mengatakan di Twitter, Kamis lalu bahwa tim tersebut berencana untuk mengunjungi rumah sakit dan pasar seperti Pasar Makanan Laut Huanan, yang terkait dengan banyak kasus pertama. Mereka juga membuat daftar Institut Virologi Wuhan dan laboratorium di fasilitas termasuk Pusat Pengendalian Penyakit Wuhan.

Misi tersebut telah menjadi muatan politik, karena Cina berusaha menghindari kesalahan atas dugaan salah langkah dalam tanggapan awal terhadap wabah tersebut.

Satu kunjungan ilmuwan tidak mungkin untuk memastikan asal-usul virus. Menentukan reservoir hewan wabah biasanya merupakan upaya melelahkan yang membutuhkan penelitian bertahun-tahun termasuk meng­ambil sampel hewan, analisis genetik, dan studi epidemiologi.

Salah satu kemungkinannya adalah pemburu satwa liar mungkin menularkan virus kepada pedagang yang membawanya ke Wuhan. Pemerintah Cina telah mempromosikan teori, dengan sedikit bukti, bahwa wabah mungkin dimulai dengan impor makanan laut beku yang tercemar virus, sebuah gagasan yang ditolak mentah-mentah oleh para ilmuwan dan lembaga internasional. (snd)

Be the first to comment on "Tim WHO Datangi Pasar Makanan Wuhan"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: