Vaksin Novavax 96 Persen Melawan Virus

PRODUSEN VAKSIN COVID-19. Vaksin Covid-19 Novavax (NVX-CoV2373) menunjukkan keampuhan sebesar 96 persen melawan virus Corona. Vaksin buatan Amerika Serikat (AS) itu juga ampuh 86 persen melawan virus mutasi Covid-19.

JAKARTA – Vaksin Covid-19 Novavax (NVX-CoV2373) menunjukkan keampuhan sebesar 96 persen melawan virus Corona. Bukan hanya itu, vaksin buatan Amerika Serikat (AS) itu juga ampuh 86 persen melawan virus mutasi Covid-19.

Dikutip dari AP News, Jumat (29/1/2021), saat ini Inggris sedang melakukan studi terhadap keampuhan vaksin tersebut dengan melibatkan 15 ribu orang. Sejauh ini ada 62 partisipan yang dinyatakan positif Covid-19.

Di antara yang terinfeksi, partisipan yang mendapat vaksin Novavax hanyalah enam orang. Mayoritas yang tertular hanya mendapat vaksin plasebo.

Infeksi tersebut terjadi ketika Inggris menghadapi gelombang baru akibat varian Covid-19 yang lebih menular.

Analisis awal menunjukkan, bahwa setengah dari partisipan yang terinfeksi mengidap versi yang bermutasi.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, menegaskan Layanan Kesehatan Inggris (NHS) “siap” melakoni vaksinasi jika mendapat persetujuan MHRA.

“Ini kabar positif dan, jika disetujui regulator obat-obatan, vaksin Novavax akan menjadi pendorong signifikan terhadap program vaksinasi kami dan merupakan senjata tambahan dalam persenjataan kami untuk mengalahkan virus buruk ini,” kata Matt Hancock.

Profesor bidang obat eksperimen dari Imperial College London, Peter Openshaw menambahkan, temuan vaksin tersebut memberi perlindungan tingkat tinggi dalam uji klinis di Inggris.

Namun, efektivitas yang lebih rendah dalam uji klinis di Afsel, menurutnya, menjadi “kerisauan”.

Pihak Novavax saat ini menyatakan, bahwa vaksin mereka hampir 96 persen efektif melawan Covid-19 versi lama, dan hampir 86 persen efektif melawan varian baru.

Temuan itu berdasarkan kasus yang terjadi setidaknya pada sepekan setelah pemberian vaksin dosis kedua.

“Dua angka itu adalah demonstrasi dramatis tentang kemampuan vaksin kita untuk mengembangkan respons imun yang berpengaruh,” ujar CEO Novavax, Stanley Erck kepada investor.

“Kami berhadap dapat terus bekerja dengan mitra, kolaborator, penyelidik dan pembuat peraturan di seluruh dunia untuk membuat vaksin tersedia secepat mungkin,” ujarnya membimbuhkan.

Meski demikian, studi Novavax dengan skala lebih kecil di Afrika Selatan menunjukkan efikasi 60 persen saja. Studi di Afsel melibatkan pasien dengan riwayat HIV.

Di antara pasien dengan HIV negatif, keampuhan Novavax mencapai 60 persen dan 40 persen bagi yang positif. Namun, pakar kesehatan di Afrika Selatan mengaku optimistis dengan hasil tersebut.

“Ini adalah hasil-hasil yang baik. Ada alasan untuk optimistis,” ujar Glenda Gray, kepada Dewan Penelitian Medis Afrika Selatan.

Novavax berkata masih butuh data tambahan sebelum bisa mengajukan izin penggunaan di Inggris. Targetnya, Novavax akan melakukan itu bulan depan.

Studi Novavax di AS dan Meksiko juga berlangsung. Novavax sudah masuk uji klinis fase 3 di AS dan butuh 30 ribu relawan.

AS sendiri menggelontorkan dana USD1,6 miliar pada Novavax untuk mengembangkan dan memproduksi vaksin potensial. Mereka akan menyediakan 100 juta dosis vaksin ke AS pada awal 2021.

Indonesia juga turut memesan vaksin Novavax. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mengatakan, sudah memesan 50 juta dosis vaksin Novavax dan mendapat opsi tambahan 50 juta dosis lain.

Menteri kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menatakan, Indonesia akan menggunakan 5 jalur pengadaan vaksin corona, salah satunya adalah dari Novavax.

“Indonesia akan memesan sebanyak total 130 juta dosis, dengan 50 juta dosis dalam pemesanan pasti, dan 80 juta dosis lainnya sebagai opsi penambahan atau cadangan apabila stok vaksin di negara ini terhambat,” kata Budi.

Apabila uji klinis tahap III yang sedang dilakukan lancar, kata Budi, maka vaksin ini diperkirakan akan tiba di Indonesia secara bertahap, mulai dari bulan Juni 2021 hingga bulan Maret 2022.
“Diperkirakan vaksin tiba pada Juni 2021 hingga Maret 2022,” ujarnya. (der/fin)

Be the first to comment on "Vaksin Novavax 96 Persen Melawan Virus"

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: